Beberapa Rumah Sakit di Daerah Pantau Pasien Terkait Virus Corona

Ameidyo Daud Nasution
4 Maret 2020, 19:33
daerah, virus corona, suspect corona
ANTARA FOTO/Fauzan
Ilustrasi penjagaan di sebuah rumah sakit di Kota Tangerang. Beberapa daerah hingga hari Rabu (4/3) melaporkan adanya pasien yang diduga mengalami gejala mirip virus corona Covid-19

Beberapa daerah hingga hari Rabu (4/3) melaporkan adanya pemantauan dan pengawasan orang pasien terkait virus corona Covid-19. Salah satunya berada di Rumah Sakit Umum Daerah Arifin Achmad, Pekanbaru, Riau.

Seorang pasien diisolasi  di rumah sakit tersebut sejak selasa (3/3) usai mengalami demam hingga 38 derajat Celsius. Warga tersebut juga belum lama kembali dari Malaysia. “Dia calon jamaah umrah yang batal berangkat,” kata Direktur RSUD Arifin Achmad, dr. Nuzelly Husnedi di Pekanbaru, Rabu (4/3).

Advertisement

(Baca: Pemerintah Berlakukan Pengawasan Khusus untuk Orang dari 4 Negara)

Nuzelly mengatakan pihak rumah sakit masih menunggu hasil pemeriksaan menyeluruh untuk mengetahui status kesehatan pasien tersebut. Dia juga enggan lebih banyak melontarkan pernyataan agar tak membuat masyarakat khawatir. “Belum dipastikan positif (virus corona), “kata Nuzelly.

Di Medan, Sumatera Utara, satu orang warga saat ini masuk dalam pemantauan virus corona usai sakit dan menjalani pemeriksaan di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Adam Malik. Ini menyusul adanya riwayat kontak dengan warga negara Singapura.

“Tapi kami belum bisa memastikan, warga Singapura ini suspect corona atau tidak,” kata Kasubbag Humas RSUP Haji Adam Malik Rosario Dorothy Simanjuntak di Medan, Rabu (4/3).

Pemantauan juga dilakukan Dinas Kesehatan Kota Tanjungpinang, Kepulauan Riau terhadap empat warga yang diduga tertular virus corona. Tiga dari empat orang yang dipantau merupakan keluarga dari pasien yang saat ini diisolasi di RSUP Kepulauan Riau.

“Mereka tidak sakit, dipantau karena tinggal serumah dengan suspect,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Tanjungpinang Rustam.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement