Cari Potensi Mineral, RI Ajukan Perluasan Landas Kontinen ke PBB

Image title
28 Februari 2020, 21:02
landas kontinen, mineral, PBB
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan hari Jumat (28/2) mengatakan RI akan mengajukan perluasan batas landas kontinen ke PBB awal maret 2020.

Pemerintah berusaha untuk menambah potensi mineral dan perikanan RI di masa depan. Caranya dengan memperluas landas kontinen di tiga wilayah yakni dasar laut bagian utara  Pulau Papua, bagian barat Pulau Sumatera, dan bagian selatan Pulau Jawa.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan pemerintah akan mengirim tim ke sidang Komisi Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) tentang Batas Landas Kontinen (CLCS), New York, Amerika Serikat tanggal 4 Maret mendatang. 

Advertisement

Proses negosiasi ini diperkirakan akan memakan waktu sekitar empat tahun hingga akhirnya diputuskan secara resmi. “Akan ada 9 kementerian yang pergi ke sana (New York),” ujar Luhut ujar  di kantornya, Jakarta, Jumat (28/2).

(Baca: Tiongkok Masuk Laut Natuna, Jokowi: Tak Ada Tawar-menawar Kedaulatan)

Landas kontinen adalah bagian dasar laut yang terletak di luar wilayah laut teritorial suatu wilayah. Tiap negara termasuk Indonesia memiliki hak berdaulat untuk eksplorasi dan eksploitasi sumber daya yang ada di di wilayah ini.

Di selatan Jawa dan barat Sumatera, landas kontinen RI tak berbatasan dengan negara lain. Namun di bagian utara Papua, ada beberapa negara seperti Republik Palau, Federasi Mikronesia, serta Papua Nugini yang berbagi batas laut. Luhut mengatakan saat ini pemerintah tengah berupaya melobi negara-negara tersebut.

Halaman:
Reporter: Tri Kurnia Yunianto
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement