Dianggap Jadi Biang Banjir, Mall Aeon Cakung Dirusak Massa

Ameidyo Daud Nasution
25 Februari 2020, 16:51
mall aeon, kerusuhan, polisi
Katadata
Mall Aeon JGC, Jakarta Timur usai rusuh, Selasa (25/2). Polisi telah menangkap satu terduga pelaku kerusuhan di Mall AEON (Foto: Antara)

Kerusuhan dan perusakan terjadi hari Selasa (25/2) pukul 09.00 WIB di Mall Aeon Jakarta Garden City, Jakarta Timur. Ini lantaran massa menganggap tanggul yang berada di sekitar mal tersebut jadi biang keladi banjir.

Kapolsek Cakung Kompol Pandji Santoso mengatakan awalnya warga meminta pengelola Mall Aeon menutup tanggul dari waduk agar pemukiman mereka tak terendam air. Namun aksi ini berlanjut dengan kerusuhan dan perusakan sejumlah gerai dan pos penjagaan mal rusak. Saat ini mal tersebut telah ditutup sementara dan semua pegawai telah dipulangkan.

Advertisement

"Kata warga, konturnya ada yang tidak beres sehingga menyebabkan banjir," kata Pandji seperti dikutip dari Kompas.com, Selasa (25/2).

(Baca: Anies Sebut 200 RW di Jakarta Terdampak Bencana Banjir)

Mediasi antara warga dengan pengelola juga telah dilakukan aparat. Polisi juga telah meminta Pemerintah Kotamadya Jakarta Timur membangun sodetan dari waduk di Jakarta Garden City ke Banjir Kanal Timur. "Alat berat sudah menuju waduk tersebut," kata Kapolres Jakarta Timur Kompes Pol Arie Ardian dikutip dari Beritasatu.com.

Rusuh sempat berlangsung selama satu jam. Saat ini, polisi telah menangkap satu orang yang diduga berperan dalam aksi tersebut. Aparat juga mencari dalang kerusuhan Mall Aeon dan melakukan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP).

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement