Jokowi Godok Instrumen Fiskal Menangkal Dampak Ekonomi Virus Corona

Dimas Jarot Bayu
25 Februari 2020, 16:00
jokowi, virus corona, fiskal
ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan
Presiden Joko Widodo (kiri) dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin memimpin rapat terbatas lanjutan pembahasan dampak virus Covid-19 terhadap perekonomian Indonesia di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa (25/2/2020).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta jajarannya menyiapkan seluruh instrumen dalam rangka memperkuat ekonomi Indonesia. Terlebih setelah adanya wabah virus corona Covid-19 saat ini.

Jokowi mengatakan instrumen fiskal tersebut akan diputuskan dalam rapat terbatas hari Selasa (25/2).  Dia juga mengingatkan agar seluruh kementerian/lembaga (K/L) mempercepat belanja.

“Saya minta seluruh instrumen disiapkan dan dipergunakan dalam memperkuat daya tahan dan daya saing ekonomi negara kita,” ujar Jokowi saat membuka rapat terbatas di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa (25/2).

(Baca: 36 Kasus Kematian Imbas Virus Corona di Luar Tiongkok, Iran Terbanyak)

Presiden juga memerintahkan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian mengingatkan kepala daerah merealisasikan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). Selain itu Presiden meminta ada kepastian pencairan dan belanja dari dana desa.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga meminta program perlindungan dan bantuan sosial segera dieksekusi. “Baik PKH, Bantuan Sosial, dan juga program padat karya yang berdampak langsung kepada masyarakat itu dilakukan kembali. 

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...