Survei: Elektabilitas Anies Ungguli Prabowo di Kalangan Milenial

Secara keseluruhan, hasil survei Median menempatkan Prabowo masih jadi capres dengan elektabilitas paling tinggi
Ameidyo Daud Nasution
24 Februari 2020, 19:01
Anies baswedan, prabowo, survei
ANTARA FOTO/Suwandy
Hasil survei Median (24/2) menyebutkan elektabilitas Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan paling tinggi di kalangan milenial dan Gen Z paling tinggi.

Lembaga survei politik yakni Media Survei Nasional (Median) hari Senin (24/2) merilis survei nasional calon presiden RI 2024. Dari hasil survei , Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan merupakan capres yang paling populer di kalangan responden milenial dan Generasi Z.

Anies dipilih oleh 18,3% responden kelompok milenial atau usia 26-39 tahun, mengalahkan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto yang mendapatkan 15,3% suara responden. Keunggulan Anies semakin besar menjadi 24,6% pada responden Generasi Z atau usia 17-25 tahun. Sedangkan Prabowo hanya mendapat 15,9% suara responden kelompok ini.

Dua sosok tersebut mengungguli nama-nama semodel Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra Sandiaga Uno, Wakil Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, hingga Gubernur Jawa timur Khofifah Indar Parawansa.

Survei dilakukan terhadap 1.200 responden dengan margin of error sebesar 2,8% dan tingkat kepercayaan 95 persen. Sampel dipilih acak dengan teknik multistage random sampling serta dilakukan pada pekan pertama dan kedua Februari 2020.

Advertisement

“Prabowo Subianto unggul di Generasi X (21,7%) dan Baby Boomers (21,9%),” demikian tertulis dalam rilis Median, Senin (24/2).

(Baca: Hasil 2 Survei: Prabowo Calon Terkuat Presiden 2024, Disusul Sandiaga)

Anies juga unggul tipis atas Prabowo di kalangan masyarakat desa dengan 17,8% berbanding 17,3% responden. Sedangkan Ketua Umum Partai Gerindra unggul di kalangan masyarakat kota dengan 20,3% responden.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu juga memenangkan kalangan pemilih luar Jawa dengan 22,2% suara responden. Adapun Prabowo mendapatkan 19,2% elektabilitas pemilih Pulau Jawa, mengalahkan Anies dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo yang sama-sama dipilih 10,1% responden.

Namun dari hasil sigi pada awal Februari, survei Median menunjukkan elektabilitas Prabowo paling tinggi di antara 23 sosok potensial lain dengan perolehan 18,8% responden. Sedangkan Anies membuntuti di belakangnya dengan 15,8% suara responden.

“Jika pemilu presiden dilakukan saat ini, yang menang adalah Pak Prabowo," ujar Direktur Eksekutif Median, Rico Marbun di Jakarta, Senin (24/2).

(Baca: Prabowo Diskusi dengan Luhut Bahas Kerja Sama Persenjataan dengan UEA)

Di bawah nama mereka berdua, ada nama Sandiaga Uno yang dipilih 9,6% responden, Agus Harimurti Yudhoyono dengan 8,3% suara responden, dan 5,7% responden memilih Ridwan Kamil.

Berikutnya ada nama Ganjar Pranowo dengan suara 5,5 persen, Khofifah Indar Parawansa dengan 5,4 persen responden, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini dengan 3,3 persen, Menko Polhukam Mahfud MD 3,3 persen, dan Mantan Panglima TNI Gatot Nurmantyo dengan 1,6 persen suara responden.

Median merupakan lembaga survei dan jasa konsultan politik yang merupakan anggota Asosiasi Riset Opini Publik Indonesia (Aropi). Lembaga yang dipimpin Rico Marbun tersebut kerap membuat survei politik seperti saat Pemilihan kepala Daerah DKI Jakarta 2017 dan Pemilihan Presiden 2019. Dari laman Median.or.id, beberapa politisi dan kepala daerah seperti Ahmad Heryawan, Irwan Prayitno, dan Mahfudz Siddiq tercatat sempat menjadi klien mereka.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait