Cegah Paham Radikal, Kemenag Gelar Sertifikasi Penceramah Bulan April

Image title
19 Februari 2020, 07:21
sertifikasi penceramah, kementerian agama, pemuka agama
ANTARA FOTO/Adeng Bustomi
Mahasiswa Pendidikan Bela Negara di Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, Senin (27/1/2020). Pemerintah mulai bimbingan teknis wawasan kebangsaan dengan sertifikasi pada penceramah bulan April 2020 mendatang.

Usaha untuk mencegah radikalisme di kalangan pemuka agama terus dilakukan pemerintah. Kementerian Agama berencana gelar bimbingan teknis (Bimtek) dengan sertifikat bagi 100 penceramah di setiap provinsi mulai April mendatang.

Sekretaris Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kemenag Tarmizi Tohir mengatakan materi Bimtek menekankan mengenai wawasan kebangsaan. Program ini rencananya akan dibuka oleh Menteri Agama Fachrul Razi.

“Semua ustaz paham dengan ilmu agama, tapi tentang kenegaraan kan belum tentu. Nah seperti itu lah contohnya, perlu pembinaan," kata dia saat menggelar konferensi pers di Jakarta, Selasa (18/2).

(Baca: Jokowi Sebut ISIS Eks WNI, Bukan WNI Eks ISIS yang Tak Dipulangkan)

Program ini akan dilakukan pertama kali di Jakarta dengan kuota sebanyak 100 penceramah dan digelar secara bertahap dengan menyesuaikan anggaran yang tersedia. Namun tidak semua penceramah  diwajibkan mengikuti program. "Kalau kami wajibakan nanti ribut lagi, ya sudahlah pelan-pelan saja," kata Tarmizi.

Halaman:
Reporter: Tri Kurnia Yunianto
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...