Virus Corona Ancam Pariwisata, Jokowi Beri Turis Diskon 30 Persen

Dimas Jarot Bayu
17 Februari 2020, 15:29
jokowi, diskon turis, virus corona
ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo
Wisatawan menikmati pemandangan di area objek wisata Tanah Lot, Tabanan, Bali, Minggu (16/2/2020). Presiden Joko Widodo dalam rapat (17/2) berencana memberi diskon bagi perjalanan turis asing dan domestik.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) berencana memberikan diskon untuk mendorong menggeliatnya pariwisata Indonesia. Hal tersebut dilakukan untuk mengantisipasi penurunan wisatawan usai mewabahnya virus corona Covid-19.

Menurut Jokowi, pemerintah bakal memberikan diskon bagi wisatawan mancanegara dan domestik sebesar 30% dari tarif riil. Meski demikian, belum ada penjelasan dari Presiden diskon apa yang dimaksud.

Advertisement

“Mungkin kita beri waktu selama tiga bulan ke depan untuk destinasi-destinasi yang nanti akan kita putuskan, untuk destinasi wisata yang ke mana,” kata Jokowi saat membuka rapat terbatas pariwisata di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (17/2).

(Baca: Disetujui Sri Mulyani, Menhub Akan Berlakukan Insentif Maskapai Lusa)

Tak hanya itu, Jokowi juga berencana memberikan diskon 50% untuk perjalanan dengan biro wisata. Dengan demikian, dia berharap diskon tersebut bisa menggairahkan pariwisata Indonesia. “Karena memang sekarang baru ada masalah karena virus corona,” kata Jokowi. 

Kepala Jokowi juga meminta adanya pembenahan di lima indikator wisata Indonesia, yakni lingkungan yang berkelanjutan, kesehatan dan kebersihan, infrastruktur, keamanan, serta teknologi informasi. Pasalnya, kepala negara menilai lima indikator wisata tersebut masih lemah.

Makanya pembenahan tersebut harus dilakukan dengan target yang terukur dan jelas. “Nanti kami putuskan. Ini belum diputuskan,” kata Jokowi.

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement