Dampak Virus Corona, Pengusaha Hotel Klaim Omzet Turun Hingga 30%

Image title
12 Februari 2020, 21:33
pengusaha, hotel, virus corona
ANTARA FOTO/Fikri Yusuf
Simulasi penanganan pasien virus Corona di Rumah Sakit Umum Pusat Sanglah, Denpasar, Bali, Rabu (12/2/2020). Pengusaha hotel (12/2) mengklaim omzet mereka turun 30% lantaran hotel sepi terdampak wabah virus corona.

Wabah Covid-19 alias virus corona mulai berdampak pada sektor usaha di Indonesia. Salah satunya pengusaha hotel yang mengeluh virus ini menurunkan omzet hingga 30% lantaran anjloknya jumlah turis.

Wakil Ketua Umum Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI), Maulana Yusran Maulana mengatakan hotel yang berdampak biasanya berada di wilayah lumbung pariwisata. “Wisatawan dari Tiongkok, Malaysia, dan Singapura itu pasti berdampak," kata dia saat menghadiri diskusi di Jakarta, Rabu (12/2).

(Baca: Jokowi Tawarkan Bantuan ke Xi Jinping Tangani Wabah Virus Corona)

Makanya Maulana meminta pemerintah mengeluarkan kebijakan yang benar-benar bisa menyelamatkan industri perhotelan. Ia mengatakan dua kebijakan yakni paket wisata domestik dan kebijakan pemerintah untuk menggelar pertemuan di hotel belum tentu bisa efektif.

Pasalnya wisatawan domestik hanya bepergian ketika libur, terutama hari raya. Selain itu intensitas pertemuan dan rapat pemerintah di penginapan saat ini tidak terlalu banyak. Namun Maulana juga mengutarakan solusi lain. “Ini (turis lokal) bisa diarahkan ke weekend escape (liburan akhir pekan), karena punya pengalaman baru selain Bali,” kata dia.

Halaman:
Reporter: Tri Kurnia Yunianto
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...