Menkes Terawan Klaim Tak Ada WNI Sakit di Karantina Natuna

Image title
Oleh Antara
7 Februari 2020, 15:01
Natuna, virus corona, menteri kesehatan
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A
Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto di DPR, Jakarta, Senin (3/2/2020). Terawan mengklaim hingga Jumat (7/2), WNI yang dikarantina di Natuna dalam kondisi sehat.

Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto mengklaim kondisi warga negara Indonesia (WNI) yang dikarantina di Pulau Natuna dalam kondisi sehat. Terawan mengatakan sejauh ini para WNI yang dievakuasi karena wabah virus corona di Wuhan, Tiongkok itu belum mengeluhkan kondisi kesehatannya.

Sebelumnya Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Anung Sugihantono mengatakan WNI yang diisolasi di Natuna mulai alami masalah kesehatan. Namun Terawan menyatakan dirinya telah melihat sendiri bagaimana kondisi mereka.

Advertisement

“Sampai detik laporan pagi ini, saya harapkan mereka terus sehat, dan 'enjoy' dengan kegiatan yang dibuat," kata Terawan di Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, Jakarta, Jumat (7/2).

(Baca: WNI yang Dikarantina di Natuna Mulai Sakit)

Terawan mengatakan masa observasi para WNI dilakukan selama 14 hari sebelum mereka dipulangkan ke daerahnya masing-masing. Mantan Direktur Utama RSPAD ini juga menjelaskan psikolog dan psikiater telah mensosialisasikan kegiatan bagi mereka.

Namun pemerintah belum bisa memastikan mekanisme pemulangan para WNI karena perlu dibicarakan lebih lanjut. “Kami rapat sesudah melewati hari Minggu (9/2), karena sudah lewat seminggu,” ujar Terawan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement