Kejaksaan: Tersangka Joko Hartono Tawarkan Saham Gorengan ke Jiwasraya

Image title
7 Februari 2020, 11:41
jiwasraya, goreng saham, kejaksaan
Adi Maulana Ibrahim | KATADATA
Kejaksaan Agung hari Jumat (7/2) membeberkan peran tersangka baru kasus Jiwasraya yakni Joko Hartono Tirto sebagai orang suruhan Heru Hidayat. Joko diduga menawarkan saham bermasalah ke Jiwasraya.

Kejaksaan Agung membeberkan peran tersangka baru dalam kasus dugaan korupsi PT Asuransi Jiwasraya yakni Joko Hartono Tirto. Joko adalah orang suruhan Heru Hidayat yang diduga memutar saham bermasalah sehingga asuransi pelat merah itu terjebak masalah keuangan.

Direktur Penyidikan pada Jampidsus Kejaksaan Agung Febrie Adriansyah mengatakan Direktur Maxima Integra Group tersebut jadi perantara antara Heru dengan Direktur Keuangan Hary Prasetyo.

Advertisement

"Dia orangnya HH (Heru) untuk bawa saham-saham yang bisa Jiwasraya investasikan, ternyata itu yang bermasalah,” kata Febrie kepada Katadata.co.id, Jumat (7/2) dini hari.

(Baca: Kejaksaan Duga Heru Hidayat Cuci Uang Jiwasraya untuk Bisnis Batu Bara)

Menurut dia, dalam kasus ini ada banyak emiten yang terlibat. Namun, hanya ada lima saham yang menjadi masalah yakni PT Trada Alam Minera Tbk (TRAM), PT SMR Utama (SMRU), PT Hanson International Tbk, PT Inti Agri Resources (IIKP), dan PT Eureka Prima Jakarta (LCGP).

Dari transaksi-transaksi saham itu, Jiwasraya terus mengalami kerugian sehingga gagal membayar polis nasabah yang jatuh tempo. Akibatnya, negara dirugikan sekitar Rp 13,7 triliun. "Tapi peran dia (Joko) banyak, beberapa transaksi (karena) dia semua lah," kata Febrie. 

Sementara itu, Kepala Pusat Penerangan dan Hukum (Kapuspenkum) Kejaksaan Agung Hari Setiyono mengatakan Joko diduga ikut terlibat dalam kecurangan pengelolaan investasi di Jiwasraya sejak 2008.

Halaman:
Reporter: Tri Kurnia Yunianto
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement