Tinjau Kapal Selam Alugoro, Jokowi: Ini Awal Kemandirian Alutsista RI

Dimas Jarot Bayu
27 Januari 2020, 15:55
kapal selam alugoro, jokowi, alutsista
Katadata
Presiden Joko Widodo saat meninjau KRI Alugoro-405 di PT PAL, Surabaya, Senin (27/1) (Foto: Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengapresiasi pembuatan kapal selam KRI Alugoro-405 yang merupakan kerja sama PT PAL Indonesia (Persero) dengan Daewoo Shipbuilding and Marine Engineering (DSME). Jokowi juga berharap pembangunan kapal selam tersebut menjadi awal kemandirian industri alutsista nasional.

Pasalnya pembuatan KRI Alugoro-405 ini dilakukan dengan skema transfer teknologi antara DSME dengan PT PAL. Pembangunan Alugoro ini menjadikan Indonesia satu-satunya negara di kawasan Asia Tenggara yang mampu membangun kapal selam. 

Advertisement

“Kami harapkan pada suatu titik bisa mandiri mengerjakan semuanya oleh anak-anak bangsa sendiri," kata Jokowi saat meninjau KRI Alugoro di PT PAL, Surabaya, Jawa Timur, seperti dikutip dari Sekretariat Kabinet, Senin (27/1).

(Baca: Jokowi Tinjau Kapal Selam Alugoro-405 Produksi RI-Korsel di Surabaya)

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi juga sempat melihat langsung kabin KRI Alugoro-405. Dia juga mendapatkan penjelasan terkait kapal selam tersebut dari Direktur Utama PT PAL Budiman saleh.

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement