Kunjungi Natuna, Mahfud Perintahkan Tambah Patroli Keamanan

Rizky Alika
15 Januari 2020, 18:05
mahfud, natuna, patroli laut
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat
Menkopolhukam Mahfud MD berada di geladak heli KRI Semarang-594 saat akan mengikuti joy sailing di Faslabuh Ranai, Selat Lampa, Natuna, Kepulauan Riau, Rabu (15/1/2020). Dalam kesempatan tersebut, Menkopolhukam menginstruksikan agar patroli di kawasan ini ditambah.

 Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Polhukam) Mahfud MD mengatakan volume patroli di perairan Natuna, Kepulauan Riau akan ditingkatkan. Hal tersebut disampaikan saat ia berkunjung ke Natuna bersama dengan Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo pada Rabu (15/1).

Ia bersama Edhy menggelar koordinasi lintas kementerian dan lembaga terkait pengelolaan dan kemanan Natuna Utara yang merupakan Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) Indonesia. Koordinasi dilakukan di atas geladak kapal perang TNI Angkatan Laut yakni KRI Semarang - 594.

Mahfud mengatakan kunjungan tersebut dalam rangka menindaklanjuti instruksi Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang mengatakan kedaulatan Indonesia tak bisa ditawar.

"Instruksi Presiden agar volume patroli ditingkatkan dan menjaga kedaulatan laut kita," kata Mahfud seperti dikutip dari keterangan pers Kementerian KKP, Rabu (15/1).

(Baca: Kapal Tiongkok Kembali ke Natuna, Perpres Zonasi Dinilai Mendesak)

Tak hanya soal keamanan dan kedaulatan, kunjungan tersebut juga membahas upaya peningkatan pengelolaan sumber daya laut di perairan Natuna. Makanya, sentra kegiatan ekonomi akan segera dibangun di Natuna. Selain itu peningkatan jumlah nelayan di Natuna akan dilakukan, namun tetap memprioritaskan nelayan setempat.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...