SKK Migas Targetkan Negosiasi Alih Kelola Blok Rokan Rampung Bulan Ini

Image title
9 Januari 2020, 18:26
blok rokan, pertamina, skk migas
Katadata
Ilustrasi fasilitas kilang minyak. SKK Migas menargetkan diskusi alih kelola Blok Rokan antara Pertamina dengan Chevron Pacific Indonesia (CPI) bisa rampung Januari 2020.

Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) menargetkan negosiasi alih kelola Blok Rokan antara Pertamina dengan Chevron Pacific Indonesia (CPI) bisa rampung Januari 2020.

Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto mengatakan jika diskusi rampung, rencana pengeboran yang akan dilakukan oleh Pertamina di Blok Rokan dapat terlaksana di tahun ini.

Dwi mengatakan proses transisi ini menjadi fokus bersama mengingat target produksi Blok Rokan di tahun ini hanya dipatok sebesar 161 ribu barel minyak per hari (bopd). Hal ini disebabkan menjelang masa transisi Chevron enngan melakukan investasi untuk menjaga produksi di Blok Rokan.

"Isu transisi rokan sangat penting. Karena kalau tidak ada investasi pengeboran itu produksi lifting turun 20 ribu barel per hari. Jadi cukup besar pengaruhnya," ujar Dwi di Kantor SKK Migas, Kamis (9/1).

(Baca: Pertamina Target Mulai Mengebor Sumur di Blok Rokan Kuartal III 2020)

Secara hukum, Pertamina sebenarnya baru dapat masuk di Blok Rokan setelah kontrak Chevron berakhir pada Agustus 2021. Karena itu, diskusi dilakukan Pertamina dan Chevron agar transisi dilakukan tahun ini.

Mantan Direktur Utama PT Pertamina itu mengatakan penurunan produksi Blok Rokan akan jadi masalah serius bagi lifting minyak nasional. SKK Migas bersama Chevron dan Pertamina terus bekerja keras untuk mendapatkan kesepakatan dari proses transisi tersebut.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...