Sudah Siap, Pertamina Ingin Segera Teken Kontrak Blok East Natuna

Image title
8 Januari 2020, 20:52
east natuna, pertamina, blok migas
Pertamina Hulu Energi
ilustrasi fasilitas migas lepas pantai. Pertamina menyatakan kesiapannya untuk melaksanakan penugasan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dalam pengelolaan Blok East Natuna.

Pertamina menyatakan kesiapannya untuk melaksanakan penugasan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dalam pengelolaan Blok East Natuna. Perusahaan migas pelat merah ini juga berharap dapat menandatangani kontrak blok tersebut dalam waktu dekat.

Direktur Hulu Pertamina Dharmawan H Samsu mengatakan persiapan telah dilakukan pihaknya agar dapat mengelola blok ini. Pengembangan Blok East Natuna ini dilakukan Pertamina demi meningkatkan produksi migas.

Advertisement

"Langkah selanjutnya adalah penandatanganan PSC yang harapannya dapat dilakukan dalam waktu dekat," ujar Direktur Hulu Pertamina Dharmawan Samsu kepada Katadata.co.id, Rabu (8/1).

(Baca: Pertamina Cari Cara Kembangkan Blok East Natuna )

Dharmawan mengatakan tantangan pengembangan gas di blok tersebut adalah kandungan karbondioksida (CO2) yang cukup besar yakni 72%. Namun ia menjelaskan hal itu bisa diatasi karena Pertamina akan mengembangkan teknologi pemisahan CO2.

Meski begitu, Dharmawan belum bisa membeberkan mengenai angka potensi minyak di lapangan tersebut karena saat ini masih dalam tahap studi. “Tidak tertutup kemungkinan potensi minyak harus divalidasi dengan kegiatan lebih lanjut, yaitu seismik dan pengeboran," ujarnya.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement