Libur Natal dan Tahun Baru, Sriwijaya Air Tambah Penerbangan ke Medan

Penerbangan ekstra dilayani pada pukul 21.40 WIB untuk rute Jakarta-Medan. Sedangkan rute Medan – Jakarta terbang pukul 00.45 WIB.
Ameidyo Daud Nasution
Oleh Ameidyo Daud Nasution
24 Desember 2019, 15:54
sriwijaya air, tambahan penerbangan, jakarta-medan
www.facebook.com/SriwijayaAir
Sriwijaya Air menyiapkan penerbangan tambahan pada rute Jakarta-Medan untuk mengantisipasi meningkatnya penumpang pada Natal dan Tahun Baru 2020.

Sriwijaya Air menyiapkan penerbangan tambahan pada rute Jakarta-Medan untuk mengantisipasi meningkatnya penumpang pada Natal dan Tahun Baru. Selain itu bertambahnya jumlah penumpang menuju Sumatera Utara dalam dua tahun terakhir jadi alasan maskapai tersebut menambah frekuensi terbang.

Penerbangan ekstra rute Jakarta-Medan dilayani  pada pukul  21.40 WIB. Sedangkan rute Medan – Jakarta akan terbang pukul 00.45 WIB. Tak hanya itu, Sriwijaya Air juga menyiagakan tambahan penerbangan untuk rute Jakarta-Silangit.

“Antisipasi baik arus mudik maupun arus balik,” kata Adi Willi Hanhari Haloho, Vice President Corporate Secretary Sriwijaya Air dalam keterangan resmi Sriwijaya Air, Selasa (24/12).

(Baca: Cegah Kemacetan, Menhub Minta Pemudik Tak Balik Tanggal 1 Januari)

Maskapai lain seperti Garuda Indonesia telah menyediakan pesawat berbadan besar yakni Boeing 777 untuk menghadapi lonjakan penumpang. Pesawat tersebut akan dioperasikan untuk rute penerbangan yang memiliki bandara besar, seperti Surabaya, Denpasar, serta Medan.

Direktur Niaga Garuda Indonesia Pikri Ilham Kurniansyah mengatakan operasi dengan pesawat dengan yang berbadan besar dinilai lebih efektif dibandingkan menyediakan penerbangan tambahan. Karena bisa menjaga kepadatan bandara dan menghindari adanya penundaan waktu penerbangan atau delay.

"Kalau bandara terlalu padat, itu bisa terjadi delay, dan berdampak pada performance pesawat," kata dia November lalu.

(Baca: Banyak Diskon, Menhub Klaim Harga Tiket Pesawat di Akhir Tahun Membaik)

Sedangkan AirAsia menyiapkan 65 ribu kursi penerbangan tambahan tanggal 1 Desember 2020 hingga 5 Januari 2020. Penambahan dilakukan di rute-rute seperti tujuan Bali, Lombok, Surabaya, hingga Singapura.

“Jakarta-Denpasar kami tambah jadi 13 kali sehari untuk periode 15 Desember sampai 5 Januari,” kata Head of Communications Indonesia AirAsia Baskoro Adiwiyono bulan lalu.

 

Reporter: Antara

Video Pilihan

Artikel Terkait