Ketua DKPP dan Tumpak Masuk, Ini Nama Lima Dewan Pengawas KPK

Dimas Jarot Bayu
20 Desember 2019, 14:19
dewan pengawas kpk, kpk, lima dewan pengawas kpk
Dok. Mahkamah Agung
Mantan Hakim Agung Artidjo Alkostar jadi anggota Dewan Pengawas KPK. Selain Artidjo, ada nama Syamsuddin Haris, Albertina Ho, Harjono, dan Tumpak Panggabean sebagai Dewas KPK yang dilantik Presiden hari Jumat (20/12).

Lima orang calon Dewan Pengawas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah mendatangi Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (20/12). Mereka adalah Peneliti Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia Syamsuddin Haris, mantan Hakim Agung Artidjo Alkostar, Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Kupang Albertina Ho, Ketua Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) Harjono, dan eks Wakil Ketua KPK Tumpak Hatorangan Panggabean.

Mereka datang secara bergiliran pada pukul 13.00 WIB. Sosok yang pertama kali datang adalah Syamsuddin diikuti Artidjo, Albertina, Harjono, dan Tumpak. Kepada awak media, Syamsuddin mengatakan dirinya diberitahu Istana sebagai Dewan Pengawas KPK pada Kamis (19/12) malam.

Ia menerima tawaran karena ingin mewujudkan pemerintahan yang bersih dengan memperkuat KPK.“Tanpa pemerintahan  bersih, kita tidak bisa meningkatkan daya saing, mengundang investor, dan melanjutkan pembangunan untuk Indonesia lebih baik,” kata Syamsuddin.

(Baca: Jokowi Lantik Pimpinan dan Dewan Pengawas KPK Siang Ini)

Artidjo mengatakan ditawari sebagai Dewan Pengawas KPK sejak beberapa hari lalu. Seperti Syamsuddin, Artidjo menerima tawaran tersebut karena ingin mencegah tumbuhnya korupsi di Indonesia.

Menurut Artidjo, orang-orang yang dipilih Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai Dewan Pengawas KPK sudah profesional dan proporsional. Alhasil, dia menilai kekhawatiran publik atas hadirnya Dewan Pengawas KPK tak akan terjadi.

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...