Edhy Prabowo Akan Hibahkan Kapal Maling ke Nelayan Perempuan

Ameidyo Daud Nasution
Oleh Ameidyo Daud Nasution - Tri Kurnia Yunianto
16 Desember 2019, 18:52
kapal maling, edhy prabowo, nelayan perempuan
ANTARA FOTO/Rahmad
kapal motor nelayan di Tempat Pendaratan Ikan (TPI) Pusong, Lhokseumawe, Aceh, Senin (23/9/2019). Kementerian KKP akan memberi bantuan kapal bagi kelompok nelayan perempuan. Alokasi akan berasal dari kapal asing yang tertangkap mencuri ikan di perairan Indonesia.

Kementerian Kelautan dan Perikanan akan memberi prioritas bantuan kapal dan peralatan pelayaran bagi kelompok nelayan perempuan. Nantinya, KKP mengalokasikan pemberian dari kapal yang tertangkap mencuri ikan di perairan Indonesia.

Menteri KKP Edhy Prabowo beralasan perempuan memiliki ketahanan melaut lebih tinggi dibandingkan laki-laki sehingga membutuhkan perhatian khusus. Selain itu kebijakan ini merupakan bagian dari pemberdayaan perempuan di sektor perikanan.

Advertisement

"Ketahanan perempuan di laut itu lebih kuat daripada laki-laki saya yakin itu,” kata Menteri Kelautan dan Perikanan, Edhy Prabowo di Jakarta, Senin (16/12).

(Baca: Menteri Perikanan Sebut Izin Tangkap Ikan Sudah Bisa Selesai Satu Jam)

Namun Edhy memastikan kapal tangkapan akan diserahkan kepada kelompok nelayan perempuan yang benar-benar mampu melaut. Dia berharap dengan banyaknya wanita yang terlibat, sektor perikanan RI semakin maju.

“Karena perempuan adalah manusia terkuat di negeri ini,” kata Edhy.

Tak hanya perempuan, Edhy mengatakan kapal tangkapan juga akan diserahkan kepada koperasi nelayan dan sekolah pelayaran. “Sedang kami pikirkan bagaimana caranya agar (mereka) dapat alat angkut,” kata dia.

Halaman:
Reporter: Tri Kurnia Yunianto
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement