Wamendag Beri Tujuh Tips Cegah Penipuan Komoditas Berjangka

Image title
5 Desember 2019, 21:27
komoditi berjangka, penipuan investasi, wamen perdagangan
123RF.com/Piotr Pawinski
Ilustrasi logam timah. Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga mengingatkan calon investor melakukan tujuh langkah sebelum berinvestasi di bidang komoditi berjangka.

Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga mengingatkan calon investor melakukan tujuh langkah sebelum berinvestasi di bidang komoditi berjangka. Ini agar tak ada penipuan yang terjadi dari  transaksi sektor tersebut.

Jerry mengatakan tujuh langkah itu adalah mempelajari latar belakang perusahaan, mempelajari transaksi dan penyelesaian perselisihan, mengetahui kontrak berjangka komoditi yang dijual, serta tidak percaya dengan janji keuntungan tinggi.

Advertisement

Selain itu investor perlu mempelajari wakil pialang berjangka yang berizin di Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti), mengetahui dokumen perjanjian, dan tahu potensi risiko investasi.

“Saya mengimbau masyarakat dan calon investor hati-hati,” kata Jerry di Jakarta, Kamis (5/12).

(Baca: Peluang Investasi Emas Digital dan Aturan Mainnya di Bappebti)

Untuk memberikan rasa aman bagi investor, Kemendag juga bekerja sama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika, serta penyedia layanan domain untuk memblokir situs pelaku usaha perdagangan komoditi ilegal. 

Halaman:
Reporter: Tri Kurnia Yunianto
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement