Nadiem Sempat Ketakutan Saat Tulis Pidato Hari Guru yang Viral

Rizky Alika
30 November 2019, 20:02
Nadiem makarim, pidato hari guru, mendikbud
ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim (kanan) mengaku takut saat menulis pidato Hari Guru beberapa hari lalu lkarena memasukkan opini pribadi.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem  Anwar Makarim mengungkapkan ketakutannya saat menulis pidato untuk Hari Guru Nasional tanggal 25 November lalu. Ia khawatir lantaran memasukkan opini personalnya dalam tulisan tersebut.

Pidato Nadiem itu sempat viral dan mendapat apresiasi banyak pihak. Isinya soal sulitnya kondisi mengajar di Indonesia dan ajakan pendiri Gojek itu agar guru memulai perubahan kecil dalam mengajar.

"Itu opini personal, tapi saya (bicara) sebagai Mendikbud tanpa kepastian apakah bisa membenarkan (pernyataannya)," ujar dia di Kemendikbud, Jakarta, Sabtu (30/11).

(Baca: Lima Ajakan Nadiem kepada Guru untuk Ubah Cara Mengajar di Kelas)

Nadiem pun mengatakan pembenahan pendidikan di Indonesia menjadi tanggung jawab bersama. Selain itu, dunia pengajaran perlu inovasi dan integrasi guna mewujudkan sistem yang berkelanjutan.

Namun dia belum bisa memberikan janji apapun kepada masyarakat. Ia hanya mengatakan, Kemendikbud tengah merancang suatu program besar yang melibatkan mahasiswa. Harapannya, kebijakan tersebut dapat mengajak pemuda untuk bersekolah dalam jangka waktu yang panjang.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...