Upah Minimum Naik, 8 Pabrik Plastik di Jabar dan Banten Akan Pindah

Image title
25 November 2019, 19:49
Pabrik pindah ke Jateng, upah naik, industri plastik
www.barito.co.id
Ilustrasi pengolahan Petrokimia. Asosiasi Industri Olefin, Aromatik dan Plastik Indonesia atau Inaplas hari Senin (25/11) menyatakan ada delapan pabrik plastik di wilayah Banten dan Jawa Barat yang berencana relokasi ke Jawa Tengah. Hal itu terjadi lantaran tingginya kenaikan Upah Minimum Kabupaten/Kota (UMK) di dua provinsi tersebut.

Asosiasi Industri Olefin, Aromatik dan Plastik Indonesia atau Inaplas menyatakan ada delapan pabrik plastik di wilayah Banten dan Jawa Barat yang berencana relokasi ke Jawa Tengah. Hal itu terjadi lantaran tingginya kenaikan Upah Minimum Kabupaten/Kota (UMK) di dua provinsi tersebut.

Direktur Pengembangan Bisnis Inaplas Budi Susanto Sadiman mengatakan industri berbahan plastik merupakan usaha padat karya yang melibatkan ratusan pekerja. Makanya kenaikan upah secara signifikan dapat memukul industri ini.

"Industri plastik kan rata-rata karyawannya lebih dari 500 orang jadi sangat terasa," kata Budi saat dihubungi Katadata.co.id, Senin (25/11).

(Baca: UMK Naik, 10 Perusahaan Alas Kaki Banten Akan Relokasi Pabrik)

Tak hanya upah, pindahnya pabrik juga disebabkan lambannya partumbuhan ekonomi Indonesia pada tahun ini. Hal itu mengakibatkan jumlah barang yang diproduksi tidak seimbang dengan permintaan pasar yang terus menurun.

"Intinya beban biaya naik dan produktivitas perlu ditingkatkan," kata dia.

Untuk mengatasi kendala yang ada, industri plastik akan mengaplikasikan teknologi tinggi guna menekan biaya produksi. Apalagi otomatisasi produksi sekarang juga sedang menjadi tren di wilayah Asia Tenggara.

Halaman:
Reporter: Tri Kurnia Yunianto
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...