Ketua PP Muhammadiyah Bahtiar Effendy Meninggal dalam Usia 60 Tahun

Jenazah Ketua PP Muhammadiyah Bahtiar Effendy akan dimakamka siang nanti di Depok.
Ameidyo Daud Nasution
21 November 2019, 08:54
Ketua PP Muhammadiyah Bahtiar Effendy meninggal dunia pada Kamis (21/11) dini hari.
Dok. UIN Jakarta
Ketua PP Muhammadiyah Bahtiar Effendy meninggal pada Kamis (21/11) dini hari.

Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah Bahtiar Effendy meninggal dunia hari Kamis (21/11) dini hari pukul 00.00 WIB. Kabar tersebut disampaikan oleh mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah Din Syamsuddin.

Din mengatakan Bahtiar meninggal saat dirawat di Intensive Care Unit (ICU) Rumah Sakit Islam Jakarta Cempaka Putih. Din juga meminta masyarakat mendoakan pria kelahiran Ambarawa, 10 Desember 1958 tersebut.

“Saudara, sahabat, guru kira Prof. Dr. Bahtiar Effendy telah berpulang ke Rahmatullah sekitar pukul 00.00 (dini hari, 21 November 2019),” kata Din, Kamis (21/11).

(Baca: Muhammadiyah Tak Persoalkan Menteri Agama dari Kalangan Militer)

Din juga mengatakan Bahtiar akan dimakamkam  siang nanti di Depok, Jawa Barat. Namun belum ada penjelasan apa penyebab meninggalnya Guru Besar Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah ini.

“Dimakamkan setelah (ibadah) zuhur di pemakaman dekat rumahnya di Depok," kata Din.

Bahtiar Effendy dikenal aktif di kalangan akademik dan acapkali menulis di media massa. Dia lulus sebagai Sarjana Ilmu Perbandingan Agama UIN (dahulu bernama IAIN Jakarta). Selain itu Bahtiar juga menyandang gelar PhD Ilmu Politik dari Ohio State University, Amerika Serikat.

Bahtiar juga memegang dua gelar master yakni master pada program Asia Tenggara Ohio University Athens dan master Ilmu Politik dari Ohio State University. Selain itu, ia juga merupakan Anggota Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI).

Reporter: Antara
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait