Resmi Dibuka, Ini Formasi CPNS di 13 Kementerian Bidang Ekonomi

Ameidyo Daud Nasution
14 November 2019, 17:40
Proses seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).
Kominfo
Proses seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).

Pemerintah telah resmi membuka proses seleksi masuk calon pegawai negeri sipil atau CPNS sejak tanggal 11 November lalu. Total, ada 68 Kementerian dan Lembaga serta 462 pemerintah provinsi/kabupaten/kotamadya yang membuka rekrutmen pegawai.

Dalam laman Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) Seleksi Kompetensi Dasar dimulai Februari 2020. Sedangkan Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) akan digelar satu bulan setelahnya.

Advertisement

“Pengumuman lebih lanjut akan diumumkan Badan Kepegawaian Negara dan instansi masing-masing,” kata Menpan RB Tjahjo Kumolo dalam Surat Menpan RB No: B/1069 /M.SM.01.00/2019, seperti dikutip Kamis, (14/11).

(Baca: Dibuka Pukul 23.00 Senin Malam, Ini Tata Cara Pendaftaran CPNS Online)

Kementerian yang membina sektor ekonomi juga membuka sejumlah formasi rekrutmen. Hingga berita ini ditulis, paling tidak sudah ada 13 kementerian bidang ekonomi telah mengeluarkan formasi pos CPNS 2019. Ini rinciannya:

 1. Kementerian Keuangan

 Kementerian yang dipimpin Sri Mulyani Indrawati ini resmi membuka seleksi mulai hari Senin (11/11) lalu lewat surat bernomor        PENG-01/PANREK/2019. Total ada 202 formasi yang tersebar dalam 10 unit kerja Kemenkeu membuka rekrutmen pegawai baru. Informasi selengkapnya dapat dilihat di sini.

2. Kementerian Ketenagakerjaan

Kemenaker membuka pendaftaran PNS baru dengan total jumlah 364 formasi untuk umum. Selain itu, Kemenaker juga membuka 40 pos untuk lulusan cum laude, 8 formasi untuk penyandang disabilitas, 2 untuk putra putri Papua, serta 2 untuk diaspora. Detail bisa dilihat di sini.

3. Kementerian Perindustrian.

Kemenperin juga membuka seleksi CPNS untuk 15 unit kerjanya. Dalam surat berkop 731/M- IND/Xl/2019m beberapa unit yang mendapatkan alokasi formasi antara lain Direktorat Jenderal (Ditjen) Industri Agro, Ditjen Industri Kimia, Farmasi, dan Tekstil, hingga Ditjen Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika. Detailnya bisa dilihat di sini.

4. Kementerian Perdagangan

Kemendag resmi membuka pendaftaran pegawai baru sejak hari Selasa (12/11) lalu. Total ada 222 formasi pegawai baru yang tersedia yang terdiri dari alokasi umum sebanyak 192 pos, formasi cum laude sebanyak 23 posisi, 5 untuk penyandang disabilitas, serta 2 untuk putra-putri Papua dan Papua Barat. Informasi lengkap dapat dilihat di sini.

 5. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR)

Kementerian infrastruktur juga menjadi salah satu yang membuka seleksi CPNS tahun anggaran 2019. Tak tanggung-tanggung, PUPR membuka alokasi formasi bagi 1.048 pegawai. Dari jumlah tersebut, 877 merupakan formasi umum, 105 alokasi bagi pelamar yang lulus cum laude, 21 bagi penyandang disabilitas, serta 45 bagi putra putri Papua dan Papua Barat. Informasi lengkap dapat dilihat di sini.

 6.Kementerian Pertanian.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement