Kementerian PAN-RB Pangkas Jabatan Eselon III dan IV Bulan Ini

Dimas Jarot Bayu
13 November 2019, 20:24
pemangkasan eselon, Kemenpan rb pangkas eselon, PNS
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Menpan RB Tjahjo Kumolo (tengah) hari Rabu (13/11) mengatakan perampingan pegawai eselon III dan IV kementeriannya bakal dilaksanakan pada November 2019.

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB) akan jadi kementerian yang paling awal memulai pemangkasan struktur Aparatur Sipil Negara atau ASN.  Menteri PAN RB Tjahjo Kumolo mengatakan perampingan pegawai eselon III dan IV kementeriannya bakal dilaksanakan pada November 2019.

Kemenpan RB dipilih menjadi contoh untuk perampingan ASN eselon III dan IV karena cukup mudah. Sebab, tak ada pejabat Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) berstatus eselon III dan IV di kementerian tersebut.

Advertisement

“Saya akan coba contohkan bulan ini di Kemenpan-RB, eselon III dan IV akan saya pangkas duluan,” kata Tjahjo di Sentul International Convention Center (SICC), Bogor, Jawa Barat, Rabu (13/11).

(Baca: Mensesneg Nilai Pemangkasan Eselon III dan IV Tak Kurangi Jumlah ASN)

Sedangkan pemangkasan di beberapa kementerian dan lembaga lain lebih kompleks. Tjahjo mencontohkan Kementerian Agama dan Kementerian Hukum dan HAM memiliki satuan kerja eselon III dan IV yang memegang anggaran.

“Seperti Kementerian Hukum dan HAM ada Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas),” kata Tjahjo.

Tjahjo pun bakal berhati-hati dalam melakukan perampingan terhadap ASN eselon III dan IV ke depannya. Dia akan melihat terlebih dulu mana jabatan struktural yang bisa dipindahkan jadi jabatan fungsional.

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement