Temui Jokowi, KPU Usul Larang Eks Napi Koruptor Ikut Pilkada

Dimas Jarot Bayu
11 November 2019, 15:33
KPU, Jokowi, Koruptor dilarang ikut pilkada
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
Komisi Pemilihan Umum atau KPU mengusulkan larangan mantan narapidana kasus korupsi mencalonkan diri sebagai kepala daerah kepada Presiden Joko Widodo alias Jokowi. Hal ini nantinya bakal diatur dalam Peraturan KPU (PKPU) untuk Pilkada 2020.

Komisi Pemilihan Umum atau KPU mengusulkan larangan mantan narapidana kasus korupsi mencalonkan diri sebagai kepala daerah kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi). Hal ini nantinya bakal diatur dalam Peraturan KPU (PKPU) untuk Pilkada 2020.

Ketua KPU Arief Budiman mengatakan, pihaknya sudah menyampaikan hal ini kepada Jokowi saat bertemu di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (11/11). Hanya saja, dia tidak menyampaikan bagaimana respons Presiden.

“Saya pikir ditanyakan kepada Pak Presiden saja,” kata Arief di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (11/11).

(Baca: Ikuti Jejak Politikus PDIP, OC Kaligis Gugat Kasus Lama Novel)

Mahkamah Agung (MA) sempat membatalkan PKPU Nomor 20 Tahun 2018 yang melarang koruptor ikut pemilu. Arief mengatakan, pihaknya tetap memasukkan larangan pencalonan napi koruptor dalam PKPU Pilkada karena ada fakta (novum) baru.

Novum tersebut, yakni ada calon kepala daerah yang terpilih, padahal sudah ditangkap dan ditahan karena kasus korupsi. Alhasil, ia tak bisa memerintah dan digantikan orang lain. “Jadi sebetulnya apa yang dipilih menjadi sia-sia karena yang memerintah bukan yang dipilih, tetapi orang lain. Itu terjadi di Tulungagung dan Maluku Utara,” kata Arief.

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...