Genjot Cadangan Blok Mahakam, Pertamina Mulai Garap Proyek Peciko 8A

Image title
8 November 2019, 15:08
Blok mahakam, Pertamina, cadangan migas
Bernard Chaniago | KATADATA
Pertamina Hulu Mahakam (PHM) memulai proyek pemasangan booster compressor dan deck extension di platform SWP-G Lapangan Peciko. Ini dilakukan guna menggenjot cadangan produksi salah satu lapangan di Blok Mahakam tersebut.

Pertamina Hulu Mahakam (PHM) memulai proyek pemasangan booster compressor dan deck extension di platform SWP-G Lapangan Peciko. Ini dilakukan guna menggenjot cadangan produksi salah satu lapangan di Blok Mahakam tersebut.

General Manager PHM John Anis mengatakan proyek tersebut menelan biaya sebesar US$ 15,3 juta dan dikerjakan oleh kontraktor asli Kalimantan Timur yakni PT Asta Rekayasa Unggul. Basic engineering mulai dikerjakan sejak kuartal pertama  2018, sementara pengerjaan proyek diharapkan selesai di kuartal ketiga 2020.

Sasaran dari proyek tersebut yakni penambahan cadangan di Peciko sebesar 7.3 Billion Standard Cubic Feet (BSCF) gas dan 34 ribu barel kondensat. Caranya menurunkan tekanan alir kepala sumur ke mode operasi sangat rendah (LLP – Low Low Pressure) untuk sumur-sumur di platform SWP-G.

John juga menjelaskan pihaknya terus berupaya mengembangkan potensi yang masih ada di Wilayah Kerja Mahakam. "Kami mengerahkan segala upaya dalam menahan laju penurunan produksi alamiah," ujarnya seperti dikutip berdasarkan keterangan tertulis, Jumat (8/11).

(Baca: Menteri ESDM Minta Pertamina Kerja Keras Tingkatkan Produksi Mahakam)

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...