Istana Mulai Korek Informasi Dugaan Desa 'Siluman'

Ameidyo Daud Nasution
7 November 2019, 13:32
Pengamat Politikus, Fadjroel Rachman mendatangi Istana Kepresidenan, Jakarta (21/10/2019).
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Juru Bicara Presiden Fadjroel Rahman mengatakan pihaknya menggali informasi dari Kementerian Keuangan dan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi tentang dugaan adanya desa ‘siluman’ yang muncul untuk menerima kucuran dana desa.

Istana Kepresidenan mulai menyelidiki dugaan adanya desa ‘siluman’ yang muncul untuk menerima kucuran dana desa. Langkah ini dilakukan untuk mengetahui apakah kabar desa fiktif itu ada di lapangan.

Juru Bicara Presiden Fadjroel Rahman mengatakan pihaknya akan menggali informasi dari Kementerian Keuangan dan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi. Laporan nantinya akan diserahkan kepada Menteri Sekretaris Negara Pratikno untuk ditindaklanjuti.

Advertisement

“Kami tim komunikasi kepresidenan tengah mengumpulkan informasi tentang apa yang berkembang,” kata Fadjroel di Jakarta, Kamis (7/11).

(Baca: Sri Mulyani Ungkap Desa Pengincar Anggaran Negara tapi Tak Berpenghuni)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menyatakan akan mengejar dan menangkap pelaku yang membentuk desa fiktif. Presiden juga mengatakan kejadian munculnya fenomena ini mungkin saja terjadi di wilayah Indonesia yang luas.

“Tetap kami kejar agar (pelaku) desa yang diduga fiktif tertangkap,” kata Jokowi, Rabu (6/11) kemarin.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement