Dilantik Jumat Siang, Ini Nama Calon Wakil Menteri Baru yang Beredar

Nama Sekjen PSI Raja Juli Antoni, pengusaha BTS Wahyu Sakti Trenggono, dan Ketua Umum Projo Budi Arie Setiadi masuk bursa calon wamen.
Ameidyo Daud Nasution
25 Oktober 2019, 08:47
Wakil Menteri, Kabinet Jokowi, Wamen
ANTARA FOTO/Wahyu Putro A
Presiden Joko Widodo (kiri) didampingi Mensesneg Pratikno berdialog dengan wartawan kepresidenan di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (24/10/2019). Dialog presiden dengan wartawan kepresidenan tersebut membahas tentang susunan kabinet Indonesia Maju dan komposisi wakil menteri.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan mengumumkan nama calon Wakil Menteri Kabinet Indonesia Maju hari Jumat (25/10) siang. Jokowi mengatakan para calon wamen berasal dari berbagai latar belakang, mulai dari profesional hingga partai politik.

Jokowi mengatakan salah satu yang memerlukan jabatan wamen adalah Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Menurut Presiden, Menteri BUMN Erick Thohir memerlukan bantuan dalam mengelola perusahaan pelat merah yang jumlahnya banyak.

“Sore ini sudah final, secepatnya kami lantik,” kata Jokowi dalam bincang-bincang bersama media, Kamis (24/10).

Beberapa nama mulai santer terdengar menjabat sebagai Wamen. Erick mengatakan Direktur Utama Bank Mandiri Kartika Wirjoatmodjo menjadi salah satu kandidat kuat wakilnya. "Iya (Tiko) salah satu kandidat. Saya rasa dia profesional dan lebih muda dari saya kan," kata Erick.

(Baca: Erick Thohir Telah Ajukan Empat Nama Calon Wamen BUMN ke Jokowi)

Meski begitu, Kartika tidak banyak berkomentar terkait dengan kabar dirinya yang dicalonkan menjadi Wakil Menteri BUMN. "Ah itu tanyakan saja kepada Pak Menteri BUMN (Erick Thohir)," kata pria yang akrab dipanggil Tiko itu kemarin.

Dari informasi yang dihimpun Katadata.co.id, paling tidak ada 11 kementerian yang memiliki wamen. Nama lain yang masuk radar adalah politisi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Zainut Tauhid Sa’adi sebagai Wakil Menteri Agama.

Selain itu ada juga nama Sekretaris Jenderal Partai Solidaritas Indonesia Raja Juli Antoni sebagai Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Nama Angela Tanoesoedibjo juga masuk bursa sebagai Wakil Menteri Komunikasi dan Informatika.

Sedangkan mantan Bendahara Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma’ruf amin yakni Wahyu Sakti Trenggono digadang jadi Wakil Menteri Pertahanan mendampingi Prabowo Subianto. Nama lain adalah Ketua Umum Projo Budi Arie Setiadi yang disebut akan menjadi Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi.

"Yang terbaru itu akan ada Wakil Menteri PUPR (Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat)," kata seorang sumber di dekat pemerintahan, akhir pekan lalu.

(Baca: Jokowi Bakal Tunjuk Wakil Menteri Pertahanan )

Budi Arie tidak berkomentar ketika dikonfirmasi Katadata.co.id. Pria yang akrab dipanggil Muni ini sempat membubarkan Projo lantaran Prabowo bergabung dengan Jokowi di pemerintahan.

 

 

 

 

Video Pilihan

Artikel Terkait