Umumkan Kabinet Baru, Jokowi: Menteri Jangan Korupsi

Dimas Jarot Bayu
23 Oktober 2019, 09:47
Jokowi, Kabinet Jokowi, Menteri, korupsi
ANTARA FOTO/Wahyu Putro
Presiden Joko Widodo didampingi Wapres Ma'ruf Amin memperkenalkan jajaran menteri Kabinet Indonesia Maju di tangga veranda Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (23/10/2019). Usai pengumuman, Presiden berpesan agar para jajarannya tidak melakukan korupsi dan menciptakan sistem yang bebas rasuah.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi mengumumkan formasi Kabinet Indonesia Maju periode 2019-2024 di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (23/11). Usai pengumuman, Presiden berpesan agar para jajarannya tidak melakukan korupsi dan menciptakan sistem yang bebas rasuah. 

Jokowi juga mewanti-wanti pembantunya tidak memiliki visi-misi sendiri. Menurutnya, saat ini para menteri hanya perlu mengeksekusi visi-misi Presiden dan Wakil Presiden. Mantan Walikota Solo itu juga meminta jajarannya bekerja keras, cepat, dan produktif dan tak terjebak dalam rutinitas yang monoton.

“Menciptakan sistem yang menutup celah terjadinya korupsi,” kata Jokowi.

(Baca: Jokowi Beri Parpol Jatah 16 Menteri, PDIP Paling Banyak)

Selain itu, Jokowi meminta agar para menteri bekerja dengan berorientasi pada hasil yang nyata. “Kemarin di dalam pelantikan sudah saya sampaikan, tugas kita tidak hanya menjamin ‘sent’, tapi ‘delivered’,” kata Jokowi.

Jokowi juga meminta para menteri memeriksa dan mencari solusi semua masalah di lapangan. Terakhir, Jokowi memerintahkan agar para menteri bekerja secara serius. “Saya pastikan yang enggak serius, yang enggak sungguh-sungguh, hati-hati bisa saya copot di tengah jalan,” kata Jokowi.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...