Jokowi Beri Parpol Jatah 17 Menteri, PDIP Paling Banyak

Ameidyo Daud Nasution
23 Oktober 2019, 08:12
Kabinet Jokowi, Menteri, partai politik
ANTARA FOTO/ Wahyu Putro A
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto tiba di Istana Kepresidenan, Rabu (23/10/2019). Jokowi dikabarkan beri jatah menteri bagi 16 kader parpol.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan melantik kabinet periode dua pemerintahannya di Istana Negara,  Jakarta, Rabu (23/10).  Pelantikan dilakukan setelah proses wawancara dilakukan Presiden selama dua hari belakangan. Setidaknya sudah ada 35 calon menteri dan yang datang ke istana untuk menemui Jokowi.

Dari 35 orang calon penghuni kabinet, 17 di antaranya merupakan kader partai politik. PDI Perjuangan menjadi penyumbang calon menteri terbanyak dengan jatah setidaknya 5 orang kader partai banteng.

Advertisement

Tiga politikus PDIP lawas yakni Tjahjo Kumolo, Yasonna Laoly, dan Pramono Anung menjadi wajah lama yang kembali menghuni kabinet Jokowi-Ma’ruf Amin.  Sedangkan Juliari Batubara akan jadi kader besutan Megawati Soekarnoputri yang baru bergabung sebagai pembantu presiden.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Katadata.co.id, Tjahjo yang menjabat sebagai Menteri dalam Negeri pada Kabinet Kerja dikabarkan menjadi Menteri koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan. Sedangkan Yasonna dan Pramono disebut bertahan di posisi sebelumnya.

"Posisinya lebih baik tunggu pelantikan," ujar Tjahjo hari Selasa (22/10) usai dipanggil Jokowi di Istana.

(Baca: Belasan Tokoh Potensial Jadi Wajah Baru di Kabinet Jokowi)

Sebagian partai koalisi Jokowi-Ma'ruf lainnya mendapatkan jatah kursi yang sama yakni tiga kursi. Partai tersebut yakni Golkar, PKB, NasDem. Hanya PPP yang mendapat jatah satu kursi.

Sedangkan oposisi yang berpindah jadi koalisi,  Partai Gerindra,  mendapatkan dua kursi. Nama Prabowo Subianto dan Edhy Prabowo jadi kader partai berlambang garuda yang masuk kabinet.

Dalam Kabinet Kerja jilid II dikabarkan tak ada nama kader Partai Demokrat dan Partai Amanat Nasional. Padahal Ketua Umum Demokrat dan PAN yakni Susilo Bambang Yudhoyono serta Zulkifli Hasan telah bertemu Jokowi.

Sedangkan 18 posisi menteri dan setingkat menteri akan ditempati 18 orang berlatar belakang non partai. Beberapa nama seperti Sri Mulyani, Retno P. Marsudi, Basuki Hadimuljono, hingga Luhut B. Pandjaitan akan menduduki posisi yang lama.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement