Jelang Pengumuman Kabinet, Ini 11 Tokoh yang Dipanggil Jokowi Kemarin

Ameidyo Daud Nasution
22 Oktober 2019, 09:07
Kabinet Jokowi, Menteri, Jokowi.
ANTARA FOTO/Wahyu Putro A
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto (kiri) didampingi Wakil Ketua Umum Edhy Prabowo memberi hormat saat memasuki kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (21/10/2019). Menurut rencana Presiden Joko Widodo akan memperkenalkan jajaran kabinet barunya usai dilantik Minggu (20/10/2019) kemarin untuk masa jabatan keduanya bersama Wapres Ma'ruf Amin periode tahun 2019-2024.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari Selasa (22/10) akan melanjutkan pemanggilan calon Menteri sebelum mengumumkan kabinet terbaru Rabu (23/10) besok. Sebanyak 11 tokoh telah diundang hari Senin (22/10) kemarin, mayoritas berbicara dengan Presiden terkait tugasnya nanti.

Mahfud MD jadi tokoh paling pertama yang hadir di Istana dan mengumumkan akan menjadi menteri. Usai bertemu Jokowi, ia memberi sinyal ia akan mengemban jabatan yang berkaitan dengan hukum, politik, atau agama.

Advertisement

“Penegakkan hukum harus dimotori lembaga eksekutif,” kata Mahfud.

(Baca: Sinyal Mahfud MD Jadi Menteri Bidang Hukum di Kabinet Jokowi)

Tokoh kedua yang hadir di Istana adalah pendiri Gojek Nadiem Makarim. Meski demikian, Nadiem tak memberi tahu apa posisi yang ditawarkan Jokowi kepadanya. “Saya enggak bisa sebut sekarang,” kata dia.

Sosok berikutnya yang hadir adalah Komisaris Utama Net Mediatama Televisi Wishnutama Kusubandio. Wishnutama menjelaskan, Jokowi minta dirinya meningkatkan kemampuan sektor yang mengandalkan kreativitas. Presiden juga menginginkan berbagai acara yang menarik digelar RI.

“Ini juga untuk meningkatkan devisa,” kata Wishnutama.

Setelahnya, bos Mahaka Group Erick Thohir turut hadir menghadap Jokowi. Mantan Ketua Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma’ruf itu menyebut dirinya akan ditempatkan di posisi yang berkaitan dengan ekonomi karena memiliki latar belakang sebagai pengusaha. “Posisi sudah seyogyanya Presiden yang sampaikan,” ujar Erick.

(Baca: Erick Thohir, Calon Menteri yang Nakhodai Mahaka dan Timses Jokowi)

Tokoh kelima yang datang adalah Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian dengan seragam lengkap dan dikawal beberapa ajudan. Ketika ditanya perihal pemanggilannya, Tito mengatakan dirinya melapor pengamanan saat dan usai pelantikan Jokowi-Ma’ruf Amin sebagai Presiden dan Wakil Presiden periode 2019-2024.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement