Selain Prabowo, Tito dan Budi Gunawan Disebut Berpeluang Jadi Menteri

Ameidyo Daud Nasution
20 Oktober 2019, 12:23
Prabowo, Polri, TNI, Budi Gunawan, BG, Kabinet.
ANTARA FOTO/RENO ESNIR
Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian (kanan) disaksikan Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto (kiri) disebut berpeluang digeser Presiden Joko Widodo ke posisi Menteri.

Hingga akhir pekan ini, Presiden Joko Widodo (Jokowi) masih terus menimbang dan merangkai susunan kabinet barunya periode tahun 2019-2024. Selain mematut dan menyeleksi calon menteri dari kalangan politisi dan profesional, Jokowi juga tengah menimbang kandidat dari jenderal polisi hingga TNI.

Yang santer disebut-sebut menjadi kandidat kuat menteri baru Jokowi adalah Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto. Jika Gerindra masuk pemerintahan maka mantan Panglima Komando Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad) TNI tersebut berpeluang besar menjabat Menteri Pertahanan. Ini sesuai dengan keinginan sang jenderal, yang fokus pada pertahanan dan keamanan negara di tengah perubahan global saat ini.

Meski begitu, masuknya Gerindra dan Prabowo bisa kandas jika mendapat penolakan keras dari partai-partai koalisi Jokowi - Ma'ruf Amin. "Yang menentang paling keras adalah Nasdem, juga Golkar," kata seorang sumber yang dekat dengan pemerintahan, akhir pekan ini.

(Baca: Sindir Gerindra, Golkar Sebut Partai Oposisi Harus Konsisten)

Dua jenderal polisi juga dikabarkan sedang ditimbang Jokowi untuk dijadikan menteri baru. Pertama, Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan. Salah satu pos yang santer disebut-sebut akan ditempati jenderal polisi bintang empat ini adalah Menteri Dalam Negeri. Namun, kabarnya, hingga kini mantan ajudan Presiden Megawati Soekarnoputri tersebut masih belum final memutuskan untuk melepas jabatan Kepala BIN.

Kedua, Kapolri Jenderal Tito Karnavian. Nama Tito memang baru belakangan ini mencuat sebagai calon menteri baru Jokowi, meski belum terang benar pos yang akan didudukinya. "Nama Jenderal Tito masuk (daftar calon menteri). Kalau jadi menteri, sudah disiapkan juga tiga calon Kapolri baru," katanya.

Satu lagi nama jenderal bintang empat yang juga baru belakangan disebut-sebut masuk daftar calon menteri adalah Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto. Penerbang Angkatan Udara ini berpotensi menjadi Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan. "Rencana ini juga terkait dengan suksesi di pucuk pimpinan TNI," kata sumber lain Katadata.co.id.

Analis politik Exposit Strategic Arif Susanto mengatakan kans masuknya Prabowo ke jabatan yang sangat strategis seperti Menteri Pertahanan masih tipis. Namun Gerindra masih punya peluang menjabat di Kementerian Pertanian. 

Halaman:
Reporter: Yura Syahrul, Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...