Minim Ubah Nomenklatur Menteri, Jokowi Disebut Buat Banyak Badan Baru

Ameidyo Daud Nasution
20 Oktober 2019, 09:15
Jokowi, Kabinet, Kementerian baru, Badan baru.
ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari
Meski dikabarkan tak banyak mengubah nomenklatur kementerian pada periode kedua masa pemerintahannya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) disebut membentuk banyak badan dan lembaga baru setara kementerian.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) berencana mengumumkan susunan kabinet barunya periode tahun 2019-2024, paling lambat 1-2 hari setelah dilantik. Meski tak banyak mengubah nomenklatur kementerian pada periode kedua masa pemerintahannya ini, Jokowi disebut membentuk banyak badan dan lembaga baru setara kementerian.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Katadata.co.id, Jokowi melakukan pemecahan dan penggabungan minor pada beberapa kementerian. Antara lain, Kementerian Perindustrian yang digabung dengan Kementerian Perdagangan, dan menambahkan area Kementerian Luar Negeri  dengan Perdagangan Internasional. Hal ini pernah diisyaratkan langsung Jokowi dengan tujuan memperkuat perdagangan dan ekspor ke luar negeri.

Advertisement

Satu perubahan lainnya adalah mengembalikan Kementerian Lingkungan Hidup, seperti nomenklatur pada masa pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Sedangkan area kerja "Kehutanan" dilekatkan pada Kementerian Agraria dan Tata Ruang.

(Baca: Kabinet Baru Jokowi Dikabarkan Tetap 34 Menteri, Ada Minimal 11 Wamen)

Sementara itu, ada setidaknya dua kementerian baru pada masa pemerintahan kedua Jokowi. Namun, kementerian itu sebenarnya jelmaan dari badan yang sudah ada sebelumnya alias dinaikkan menjadi kementerian atau setingkat kementerian. Dua kementerian baru model ini adalah Kementerian Ekonomi Digital dan Ekonomi Kreatif yang merupakan hasil promosi Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) dan Kementerian Investasi yang jadi jelmaan Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM).

"Pembentukan" dua kementerian baru tersebut juga sudah pernah disuarakan Jokowi. Tujuannya mendorong investasi yang lebih masif lagi di dalam negeri, serta mendongkrak ekonomi kreatif dan digital yang sedang berkembang pesat sebagai salah satu kontributor perekonomian nasional.

Di sisi lain, hal mencolok dari pemerintahan periode kedua Jokowi tersebut adalah pembentukan badan atau lembaga baru yang dipimpin oleh pejabat setingkat menteri.  "Ada banyak badan baru yang dibentuk," kata sumber Katadata.co.id di dekat pemerintahan, akhir pekan ini.

Halaman:
Reporter: Yura Syahrul
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement