Puan Datang di Perpisahan Kabinet Kerja, Wiranto Tak Hadir

Dimas Jarot Bayu
18 Oktober 2019, 16:59
Para menteri anggota Kabinet Kerja I berfoto bersama Presiden Joko Widodo, Ibu Negara Iriana Jokowi, Wakil Presiden Jusuf Kalla, dan Ibu Mufidah Jusuf Kalla, di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (18/10). Mereka melambaikan tangan sebagai tanda perpisahan.
BIRO PERS KEPRESIDENAN
Para menteri anggota Kabinet Kerja I berfoto bersama Presiden Joko Widodo, Ibu Negara Iriana Jokowi, Wakil Presiden Jusuf Kalla, dan Ibu Mufidah Jusuf Kalla, di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (18/10). Mereka melambaikan tangan sebagai tanda perpisahan. Terlihat pula Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Puan Maharani serta dua anggota DPR dari PDI Perjuangan yakni Yasonna Laoly dan Johan Budi. Namun tak tampak Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto dalam acara tersebut.

Presiden Joko Widodo alias Jokowi siang ini menggelar silaturahmi dengan Wakil Presiden Jusuf Kalla dan seluruh Menteri di Istana Negara, Jakarta, Jumat (18/10). Pertemuan ini merupakan agenda perpisahan Kabinet Kerja 2014-2019 yang akan berakhir esok hari.

Dalam acara ini, seluruh anggota kabinet hadir di Istana Negara. Terlihat pula Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Puan Maharani serta dua anggota DPR dari PDI Perjuangan yakni Yasonna Laoly dan Johan Budi. Yasonna dan Puan sebelumnya menjabat menteri hingga akhir September lalu. Sedangkan Johan pernah mengisi posisi Juru Bicara Kepresidenan.

Namun tak tampak Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto dalam acara tersebut. Wiranto hingga saat ini masih dirawat setelah diserang terduga teroris di Pandeglang, Banten, pekan lalu.

(Baca: Wiranto Ditusuk, Jokowi Minta Pengamanan Pejabat Negara Ditingkatkan)

Dari pantauan Katadata.co.id, para menteri datang sejak pukul 11.00 WIB. Mereka lantas melaksanakan salat Jumat di lingkungan istana. Kemudian, Jokowi, Kalla, dan para menteri mengadakan foto bersama. Presiden dan Wapres didampingi istri masing-masing, yakni Iriana dan Mufidah Kalla. Setelahnya mereka memasuki Istana Negara untuk menikmati makan siang.

Pertemuan yang berlangsung santai itu juga diisi sambutan Jokowi dan Kalla. Bahkan Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Menteri Pekerjaan umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono juga didapuk bernyanyi bersama 'Elek yo Band'. 

"Lima tahun merupakan waktu yang pendek sekali," kata Jokowi saat menyampaikan sambutan. Dia mengatakan dalam waktu yang singkat itu belum sempat mengenal para menteri secara dalam.

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...