Puan Datang di Perpisahan Kabinet Kerja, Wiranto Tak Hadir

Wiranto tak datang karena sedang dirawat usai diserang terduga teroris pekan lalu. "Lima tahun merupakan waktu yang pendek sekali," kata Jokowi.
Dimas Jarot Bayu
Oleh Dimas Jarot Bayu
18 Oktober 2019, 16:59
Para menteri anggota Kabinet Kerja I berfoto bersama Presiden Joko Widodo, Ibu Negara Iriana Jokowi, Wakil Presiden Jusuf Kalla, dan Ibu Mufidah Jusuf Kalla, di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (18/10). Mereka melambaikan tangan sebagai tanda perpisahan.
BIRO PERS KEPRESIDENAN
Para menteri anggota Kabinet Kerja I berfoto bersama Presiden Joko Widodo, Ibu Negara Iriana Jokowi, Wakil Presiden Jusuf Kalla, dan Ibu Mufidah Jusuf Kalla, di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (18/10). Mereka melambaikan tangan sebagai tanda perpisahan. Terlihat pula Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Puan Maharani serta dua anggota DPR dari PDI Perjuangan yakni Yasonna Laoly dan Johan Budi. Namun tak tampak Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto dalam acara tersebut.

Presiden Joko Widodo alias Jokowi siang ini menggelar silaturahmi dengan Wakil Presiden Jusuf Kalla dan seluruh Menteri di Istana Negara, Jakarta, Jumat (18/10). Pertemuan ini merupakan agenda perpisahan Kabinet Kerja 2014-2019 yang akan berakhir esok hari.

Dalam acara ini, seluruh anggota kabinet hadir di Istana Negara. Terlihat pula Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Puan Maharani serta dua anggota DPR dari PDI Perjuangan yakni Yasonna Laoly dan Johan Budi. Yasonna dan Puan sebelumnya menjabat menteri hingga akhir September lalu. Sedangkan Johan pernah mengisi posisi Juru Bicara Kepresidenan.

Namun tak tampak Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto dalam acara tersebut. Wiranto hingga saat ini masih dirawat setelah diserang terduga teroris di Pandeglang, Banten, pekan lalu.

(Baca: Wiranto Ditusuk, Jokowi Minta Pengamanan Pejabat Negara Ditingkatkan)

Dari pantauan Katadata.co.id, para menteri datang sejak pukul 11.00 WIB. Mereka lantas melaksanakan salat Jumat di lingkungan istana. Kemudian, Jokowi, Kalla, dan para menteri mengadakan foto bersama. Presiden dan Wapres didampingi istri masing-masing, yakni Iriana dan Mufidah Kalla. Setelahnya mereka memasuki Istana Negara untuk menikmati makan siang.

Pertemuan yang berlangsung santai itu juga diisi sambutan Jokowi dan Kalla. Bahkan Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Menteri Pekerjaan umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono juga didapuk bernyanyi bersama 'Elek yo Band'. 

"Lima tahun merupakan waktu yang pendek sekali," kata Jokowi saat menyampaikan sambutan. Dia mengatakan dalam waktu yang singkat itu belum sempat mengenal para menteri secara dalam.

(Baca: Hari Terakhir Kerja, Para Menteri Perpisahan dengan Jokowi dan Media)

Dalam acara ini, jajaran kabinet yang hadir yakni Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution, Menteri ATR/BPN Sofyan Djalil, dan Menteri Kominfo Rudiantara. Kemudian, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin, Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri, dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Lalu, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi. Ada pula Menteri Ristekdikti Mohammad Nasir, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Menteri PAN-RB Syafruddin, Menteri Pertanian Amran Sulaiman, serta Menteri LHK Siti Nurbaya.

Tak ketinggalan Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri ESDM Ignasius Jonan, Menteri BUMN Rini Soemarno, Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti. Selain itu, hadir Menteri Desa dan PDT Eko Putro Sandjojo, Menteri Pariwisata Arief Yahya, Menteri PPN/Bappenas Bambang Brodjonegoro, Menteri Kesehatan Nila Moeloek, dan Menteri Sekretaris Negara Pratikno.

Kemudian, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Menko Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko. Lalu, Wamen ESDM Arcandra Tahar, Wamenkeu Mardiasmo, Wamenlu AM Fachir.

Ada pula Kepala Bekraf Triawan Munaf, Kepala BKPM Thomas Lembong, Jaksa Agung Prasetyo. Selain itu, ada Kepala BIN Budi Gunawan, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, dan Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian.

Reporter: Dimas Jarot Bayu

Video Pilihan

Artikel Terkait