Lembaga Serupa KSP Tetap Ada di Periode Kedua Jokowi

Dimas Jarot Bayu
16 Oktober 2019, 18:40
Moeldoko, KSP, KSP bubar.
Antara
Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Rabu (16/10) menyatakan lembaga serupa Kantor Staf Presiden (KSP) kembali ada di periode kedua pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko menyatakan lembaga serupa Kantor Staf Presiden (KSP) kembali ada di periode kedua pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Menurut Moeldoko, lembaga itu akan memiliki tugas dan fungsi seperti KSP. 

Moeldoko mengatakan KSP akan dibubarkan terlebih dulu tanggal 19 Oktober mendatang. Nantinya lembaga baru akan lahir dengan Keputusan Presiden (Keppres).  "Intinya lembaga ini tetap ada nanti,” kata Moeldoko di kantornya, Jakarta, Rabu (16/10).

Advertisement

(Baca: Periode ke-2 Pemerintahan Jokowi, KSP Berpotensi Dilebur)

Dalam Peraturan Presiden Nomor 26 Tahun 2015, KSP memiliki sejumlah tugas seperti mempercepat program strategis nasional, mengelola isu strategis, dan menyediakan data untuk pengambilan keputusan Presiden.

Mantan Panglima TNI itu mengatakan KSP versi baru punya tugas merancang konsep, desain, dan operasionalisasi suatu program atas keinginan Jokowi. Dalam pembentukannya, pemerintah akan mengundang berbagai ahli untuk dimintai masukan.

“Siapa yang mengoperasikan ? nanti bisa menteri yang berkaitan,” kata Moeldoko.

Jokowi sebelumnya disebut berencana melebur KSP dengan Sekretariat Negara dan Sekretariat Kabinet.  Dua sumber Katadata.co.id di pemerintah dan satu sumber lainnya yang mengetahui rencana ini menyebut peleburan dilakukan guna merampingkan struktur birokrasi di pemerintahan.

Meski melebur KSP, Jokowi dikabarkan akan membentuk koordinator yang mewadahi para staf khusus dan juru bicara presiden. 

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement