Gerindra dan Demokrat Berpeluang Besar Dapat Jatah Menteri

Dimas Jarot Bayu
15 Oktober 2019, 18:39
Edhy Prabowo, AHY, Gerindra, Demokrat.
ANTARA FOTO/AKBAR NUGROHO GUMAY
Presiden Joko Widodo (kanan) berbincang dengan Agus Harimurti Yudhoyono (22/5). Tenaga Ahli Kedeputian IV Kantor Staf Presiden (KSP) Ali Mochtar Ngabalin menilai Demokrat dan Gerindra berpeluang masuk ke koalisi pemerintah. Bahkan dua kadernya yakni Edhy Prabowo dan Agus berpeluang jadi Menteri.

Tenaga Ahli Kedeputian IV Kantor Staf Presiden (KSP) Ali Mochtar Ngabalin menilai Demokrat dan Gerindra berpeluang masuk ke koalisi pemerintah. Kandidat dari dua partai tersebut yang menjadi calon menteri di antaranya Edhy Prabowo dan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). 

AHY saat ini menjabat sebagai Wakil Ketua Umum Demokrat, sedangkan Edhy Prabowo adalah Wakil Ketua Umum Gerindra. Ngabalin menilai peluang mereka membesar setelah Prabowo Subianto dan Susilo Bambang Yudhoyono bertemu dengan Joko Widodo (Jokowi) pekan lalu.

“Mudah-mudahan bisa sama-sama di koalisi pemerintah untuk bisa membantu bapak Presiden dalam pemerintahan lima tahun mendatang,” kata Ngabalin ketika dihubungi Katadata.co.id, Selasa (15/10).

(Baca: Edhy Prabowo dan Sandiaga Uno Disebut Jadi Calon Menteri dari Gerindra)

Selain Menteri dari partai politik, Ngabalin juga memprediksi beberapa nama anggota Kabinet Kerja yang kemungkinan besar dipakai lagi oleh Jokowi. Dia mengatakan nama Menteri Keuangan Sri Mulyani akan dipertahankan, begitu pula Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan.

Selain itu dua nama lainnya adalah Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono. “Itu Menteri yang berprestasi, mudah-mudahan tidak ada halangan bagi mereka,” ujar dia.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...