Pertamina: Anak Usaha Baru di Singapura Bukan Pengganti Petral

Image title
9 Oktober 2019, 22:12
Pertamina, Petral, Migas.
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
PT. Pertamina (Persero) menyebut anak usaha barunya di Singapura yakni Pertamina International Marketing & Distribution, Pte Ltd (PIMD) bukan pengganti Petral.

PT. Pertamina (Persero) mengatakan anak usaha baru di Singapura yakni Pertamina International Marketing & Distribution, Pte Ltd (PIMD) bukan pengganti Petral. VP Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman mengatakan perbedaan PIMD dan Petral terletak pada bisnis yang dijalankan.

Fajriyah mengatakan menyebut Petral merupakan anak usaha Pertamina untuk mengimpor minyak mentah kebutuhan domestik. Sedangkan PIMD merupakan unit usaha untuk menjual produk Pertamina maupun produk pihak ketiga di pasar internasional.

"Jadi jelas PIMD jangan disamakan dengan Petral, karena fokus untuk menghasilkan pendapatan tambahan melalui penjualan di luar negeri.” kata Fajriyah dalam keterangan tertulis (9/10).

(Baca: Pasca Tutup Petral, Pertamina Buka Lagi Kantor Pemasaran di Singapura)

Usai Petral dibubarkan, kebutuhan minyak mentah maupun produk BBM domestik dilakukan sesuai amanat pemerintah yaitu Integrated Supply Chain (ISC).  

Dia juga menjelaskan PIMD akan menangkap peluang bisnis pasar bunker untuk pasokan Asia Tenggara terutama di Singapura, ”Kami membangun bisnis ritel dalam rangka memperkenalkan merek Pertamina secara global,” ujarnya.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...