Moeldoko: Perppu KPK bak Buah Simalakama bagi Jokowi

Dimas Jarot Bayu
4 Oktober 2019, 16:04
Perppu KPK, Jokowi, Moeldoko.
Antara
Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko hari Jumat (4/10) mengatakan keluarnya Perppu KPK seperti buah simalakama untuk Presiden Joko Widodo.

Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko mengatakan wacana penerbitan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang (Perppu) tentang Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) laiknya buah simalakama. Di satu sisi, Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan mengecewakan partai pendukung jika Perppu keluar.

Sementara di sisi lain, Jokowi bakal mengecewakan para mahasiswa dan berbagai elemen masyarakat lainnya jika tidak menerbitkan Perppu KPK. Apalagi mereka mendesak Jokowi untuk menerbitkan Perppu tersebut.

“Keputusan itu seperti simalakama, enggak makan mati, dimakan ikut mati. Jadi memang tidak ada keputusan yang bisa memuaskan semua pihak,” kata Moeldoko, di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (4/10).

(Baca: Jokowi dan Para Menterinya Menghindar soal Nasib Perppu KPK)

Atas dasar itu, Moeldoko menyebut Jokowi masih terus mengalkulasi penerbitan Perppu KPK. Kepala negara terus mendengarkan masukan dari berbagai pihak, mulai dari parpol, mahasiswa, serta elemen masyarakat lainnya.

“Presiden mendengarkan, mendengarkan dengan jernih, mendengarkan dengan cermat, agar nanti (diambil) langkah-langkah yang terbaik,” kata Moeldoko.

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...