PKB Ajukan Muhaimin Iskandar, Formasi Pimpinan DPR 2019-2024 Lengkap

Muhaimin melengkapi formasi pimpinan DPR yakni Puan Maharani (PDIP), Sufmi Dasco Ahmad (Gerindra), Azis Syamsuddin (Golkar), dan Rachmat Gobel (NasDem).
Ameidyo Daud Nasution
1 Oktober 2019, 19:29
Muhaimin Iskandar, Wakil Ketua DPR, PKB.
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak
Partai Kebangkitan Bangsa memastikan sang Ketua Umum yakni Muhaimin Iskandar (foto) akan dilantik Mahkamah Agung menjadi Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) 2019-2024 pada Selasa (1/10) malam.

Partai Kebangkitan Bangsa memastikan Muhaimin Iskandar akan menjadi Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) 2019-2024. Muhaimin bersama empat pimpinan DPR lain akan dilantik Mahkamah Agung malam ini (1/10).

Muhaimin yang menjabat Ketua Umum PKB tersebut akan melengkapi formasi pimpinan yang terdiri dari Puan Maharani (PDIP), Sufmi Dasco Ahmad (Gerindra), Azis Syamsuddin (Golkar), dan Rachmat Gobel (Nasdem). 

“Dari PKB memutuskan Gus AMI (Ahmad Muhaimin Iskandar) untuk menjadi bagian pimpinan DPR," kata Ketua Dewan Pimpinan Pusat PKB Cucun Ahmad Syamsurizal di Jakarta, Selasa (1/10).

(Baca: Perempuan Pertama Jabat Ketua DPR, Puan Maharani Dilantik Malam Ini)

Cucun mengatakan sebelumnya ada beberapa nama yang menjadi kandidat Wakil Ketua DPR, namun akhirnya keptusan jatuh kepada Muhaimin. Pertimbangannya, sosok Muhaimin berpengalaman selama dua periode di DPR sehingga tak sulit untuk adaptasi.

“Bersama pimpinan lain akan membawa DPR lebih maju,” ujar Cucun.

(Baca: Video: Wajah Baru Calon Pimpinan Parlemen)

Ketua DPR sementara yakni Abdul Wahab Dalimunthe tadi siang mengatakan masing-masing fraksi telah mengirimkan nama kader untuk mendapatkan kursi pimpinan DPR. Namun, PKB belum mengirim nama karena masih meminta waktu hingga satu jam setelah rapat konsultasi selesai.

"Nanti ada rapat paripurna pengambilan sumpah janji Ketua DPR yang definitif. Puan Maharani ketuanya," kata Abdul Wahab.

Reporter: Antara

Video Pilihan

Artikel Terkait