Kebakaran Hutan dan Musim Liburan Usai, Jumlah Penumpang Pesawat Turun

Agatha Olivia Victoria
1 Oktober 2019, 18:48
pesawat terbang, kebakaran hutan, penumpang pesawat udara, data BPS
ANTARA FOTO/Bayu Pratama S
Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat jumlah penumpang pesawat terbang rute domestik pada Agustus 2019 hanya 6,7 juta orang atau turun 5,9% dibanding bulan sebelumnya. Kepala BPS Suhariyanto, penurunan jumlah penumpang ini dikarenakan bencana kebakaran hutan yang hingga kini masih berlangsung.

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat jumlah penumpang pesawat terbang rute domestik pada Agustus 2019 hanya 6,7 juta orang atau turun 5,9% dibanding bulan sebelumnya.

Menurut Kepala BPS Suhariyanto, penurunan jumlah penumpang ini dikarenakan bencana kebakaran hutan yang hingga kini masih berlangsung. Selain itu,  berakhirnya musim liburan dan mahalnya harga tiket disinyalir jadi penyebab turunnya jumlah penumpang.

Berdasarkan data SiPongi Kebakaran Hutan dan Lahan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, sepanjang Januari hingga 15 September 2019 telah terjadi kebakaran seluas 328 ribu hektare (ha) di seluruh Indonesia. Jumlah tersebut mencapai 64% dari luas kebakaran hutan sepanjang tahun lalu.

 “Bencana yang terjadi seperti kebakaran hutan dan lahan sehingga terdapat gangguan penerbangan terutama untuk rute di Kalimantan dan Sumatera," ujar Suhariyanto dalam konferensi pers di kantornya, Jakarta, Selasa (1/10).

(Baca: Menteri Budi: Kebakaran Hutan Sumatera-Kalimantan Ganggu Penerbangan)

Dari data BPS, penurunan jumlah penumpang domestik terjadi di Bandara Juanda-Surabaya sebesar 12,72%, Hasanuddin-Makassar 5,2%, Kualanamu-Medan 4,49%, dan Soekarno Hatta - Jakarta 2,01%. Sedangkan peningkatan jumlah penumpang terjadi di Bandara Ngurah Rai - Denpasar sebesar 4,55%.

Halaman:
Reporter: Agatha Olivia Victoria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...