Anies Benarkan Ambulans DKI Diamankan Polisi Usai Rusuh

Anies yakin para petugas DKI yang berada di ambulans menjalankan tugas sesuai prosedur yang ada.
Ameidyo Daud Nasution
26 September 2019, 13:15
Anies Baswedan, Ambulans DKI, Kerusuhan.
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Gubernur DKi Jakarta Anies Baswedan Benarkan polisi amankan ambulans DKI usai bentrok massa di Senayan Kamis (16/9) dinihari tadi.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan membenarkan ambulans Pemerintah Provinsi DKI Jakarta diamankan polisi usai demonstrasi pelajar di sekitar Gedung Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) dinihari tadi berujung rusuh.

Video ambulans tersebut awalnya diunggah oleh akun twitter dan instagram TMC Polda Metro Jaya. Terlihat satu ambulans berlogo DKI diamankan polisi karena diduga membawa batu dan bensin. Namun saat ini video di Twitter telah dihapus. 

“Ada empat ambulans milik PMI dan satu ambulans milik Pemprov DKI yang saat ini di Polda, kami tunggu prosesnya," kata Anies di Jakarta, Kamis (26/9).

(Baca: Pelajar Rencana Kepung DPR Setelah Terima Pesan Berantai)

Namun Anies meminta semua pihak tak teburu-buru menyimpulkan apapun. Ia meyakini para petugas DKI yang berada di ambulans menjalankan tugas sesuai prosedur yang ada.

“Mereka berada dalam situasi lapangan yang tidak sederhana,” katanya.

Selain itu Anies berpendapat banyak hal terjadi saat demonstrasi berakhir ricuh sehingga bisa saja komunikasi aparat dengan DKI tak berjalan baik. Ia juga mengatakan situasi seperti semalam bukan yang pertama kalinya terjadi.

“Kami sedang memastikan apakah semua standar operasional rosedur (SOP) ditaati,” ujar dia.

(Baca: Istana Bakal Beri Sanksi Bagi Polisi yang Represif Tangani Demonstran)

Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono membenarkan ambulans milik Pemprov DKI Jakarta diamankan petugas. Kejadian berlangsung hari amis (25/9) pukul 02.14 WIB di dekat Gerbang Tol Pejompongan.

“Iya, benar.” Kata Argo ketika dikonfirmasi.

Reporter: Antara

Video Pilihan

Artikel Terkait