Kerusuhan di Wamena, Jokowi Minta Masyarakat Tak Percaya Hoaks

Dimas Jarot Bayu
23 September 2019, 20:47
Jokowi, Rusuh Papua, Hoaks.
Katadata/Donang Wahyu
Terkait rusuh Wamena, Senin (23/9), Presiden Jokowi meminta masyarakat tak percaya hoaks.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta masyarakat tidak langsung percaya terhadap informasi yang beredar di media sosial. Menurut Presiden, verifikasi sebuah kabar harus dilakukan terlebih dahulu untuk mencegah kerusuhan.

Pernyataan ini disampaikan Jokowi terkait kerusuhan yang terjadi di Wamena, Papua, hari Senin (23/9) pagi. Jokowi menyebut rusuh dipicu kabar bohong di media sosial soal guru yang mengeluarkan kata-kata bernada rasis.

Advertisement

"Isu anarkis ini dimulai dan berkembang karena adanya berita hoaks," kata Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (23/9).

(Baca: Rusuh di Jayapura, Satu Anggota TNI Meninggal Dunia)

Jokowi mengatakan jika berita bohong tak ditangkal, maka stabilitas keamanan dan politik akan terganggu. Lebih lanjut, Kepala Negara meminta tak ada lagi fasilitas umum yang dirusak lantaran milik bersama. 

"Jangan sampai ada kerusakan yang diakibatkan anarkisme," kata dia.

Secara terpisah, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko menuding ada pihak yang sengaja memprovokasi kerusuhan di Wamena. Hal tersebut dilakukan agar kasus di Papua disorot dalam sidang umum Perserikatan Bangsa-bangsa di New York, Amerika Serikat.

Moeldoko juga mengatakan, provokator kerusuhan di Wamena ada yang berasal dari dalam negeri. "Tetapi ada indikasi provokasi asing,”kata Moeldoko.

Atas dasar itu, dia meminta semua pihak tenang dan menahan diri. Moeldoko juga meminta aparat bertindak secara proporsional dan profesonal. Aparat, kata dia, tak boleh melakukan tindakan represif ketika mengamankan kerusuhan.

"Jangan sampai penyelesaian itu membangun emosi yang pada akhirnya aparat-aparat melakukan tindakan yang tidak diinginkan," ujar Moeldoko.

(Baca: Rusuh Terjadi di Wamena, Bandara Setop Operasi)

Aksi massa di Wamena sebelumnya diketahui berlangsung anarkis. Melansir Kompas.com, kerusuhan mengakibatkan 16 warga sipil meninggal dunia dan 65 orang lainnya luka-luka. Sejumlah bangunan di Wamena juga dibakar massa dalam kerusuhan itu. Otoritas pun telah menutup Bandara Wamena sejak pukul 10.30 WIT.

Reporter: Dimas Jarot Bayu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement