DPR Teruskan Uji Kepatutan, Pemilihan Anggota BPK Tertunda Pekan Depan

Hasil rapat internal Komisi XI memutuskan secara aklamasi kelanjutan proses fit and proper test calon anggota BPK.
Agatha Olivia Victoria
Oleh Agatha Olivia Victoria
20 September 2019, 10:24
Pemilihan anggota BPK, DPR, Uji Kelaikan.
Katadata | Arief Kamaludin
Komisi keuangan DPR memutuskan iji kepatutan dan kelaikan anggota BPK dilanjutkan pekan depan.

Lima calon anggota Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) hingga kini belum ditetapkan oleh Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). Padahal, Komisi XI DPR sempat menargetkan pengambilan keputusan anggota BPK dilakukan pada Kamis, 19 September 2019.

Anggota Komisi XI DPR Donny Imam Priambodo beralasan hasil rapat internal komisi keuangan memutuskan secara aklamasi proses fit and proper test calon anggota BPK dilanjutkan.  Uji kepatutam akan dilakukan pada calon yang tak hadir pada gelombang pertama seleksi.

Donny beralasan, diselenggarakannya kembali uji kelaikan demi asas keadilan. Proses lanjutan direncanakan pada Senin (23/9) hingga Rabu (25/9) dan dilanjutkan pemilihan kelima anggota BPK yang baru. Dalam pantauan Katadata.co.id, ada tiga calon anggota BPK yang belum mengikuti proses uji kelaikan. Ketiganya adalah Eddy Suratman, Fontian Munzil, dan Gunawan Adji yang merupakan akademisi.

 "Sehingga seluruh calon yang mendaftar mendapatkan perlakuan yang sama," kata kata Donny kepada Katadata.co.id, Jumat (20/9).  Dua hari lalu Donny sempat menargetkan pengambilan keputusan diambil Kamis (19/9) usai mendapat rekomendasi dari Dewan Perwakilan Daerah.

(Baca: DPD Usul 15 Calon Anggota Baru BPK, Mayoritas Politisi dan Anggota DPR)

DPD telah memberikan surat terkait rekomendasi calon anggota BPK pada Rabu (18/9). Dalam surat bernomor 54/DPDRI/V/2018-2019 yang diterima Katadata.co.id, terdapat 15 nama calon anggota BPK yang diprioritasikan oleh DPD. “Hasil fit and proper test DPD sebagai bahan pertimbangan Komisi XI untuk memilih lima Anggota BPK," 

(Baca: Ikut Uji Kelaikan, Mantan Dirut BEI Ingin BPKP Dilebur dengan BPK)

Sebagaimana diketahui, pada Oktober nanti lima anggota BPK akan habis masa jabatannya. Mereka adalah Harry Azhar Azis, Eddy Mulyadi Supardi (alm), Rizal Djalil, Moermahadi Soerja Djanegara, dan Achsanul Qosasi. 

Pendaftaran calon anggota Badan Pemeriksa keuangan (BPK) RI dibuka untuk umum pada 17 Juni 2019. Pendaftaran terbuka selama dua minggu dan ditutup pada 1 Juli 2019. 

Catatan: judul ini telah ditambah untuk memberikan konteks pada berita.

Reporter: Agatha Olivia Victoria

Video Pilihan

Artikel Terkait