Separuh Anggota DPR Kembali Menjabat, Kinerja Belum Tentu Meningkat

Image title
5 September 2019, 20:05
DPR, Politik, Kinerja.
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Gedung DPR tampak dari atas, Jakarta Pusat (16/7). Pengamat menilai kehadiran wajah-wajah baru di DPR tak jamin buat kinerja dewan membaik.

Munculnya nama-nama baru sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI 2019-2024 tak serta merta dapat meningkatkan kerja dewan. Pasalnya belum tentu kualitas anggota mumpuni sehingga mendukung kerjanya dalam membuat legislasi.

Dari data Komisi Pemilihan Umum (KPU), sebanyak 286 orang atau 49,7% dari 575 anggota dewan merupakan petahana. Pengamat politik dari Universitas Al-Azhar yakni Ujang Komarudin mengatakan meski ada penyegaran wajah, namun belum tentu anggota baru memahami kerja dewan. Dia mencontohkan ada anggota DPR dari kalangan seniman memimpin proses legislasi namun dalam perjalanannya rancangan aturan tersebut malah mentok.

Advertisement

“Tergantung kualitas pribadi yang dimiliki,” kata Ujang kepada Katadata.co.id, Kamis (5/9).

(Baca: KPU Resmi Tetapkan 575 Caleg DPR, PDIP Paling Banyak Dapat Kursi)

Selain artis, ada pula anggota DPR periode 2019-2024 yang berlatar belakang kepala daerah. Beberapa nama adalah mantan Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi serta mantan Gubernur Banten Rano Karno. Namun Ujang mengatakan kehadiran mereka belum tentu mengubah wajah dewan. Apalagi tokoh-tokoh tersebut merupakan representasi partai politik di parlemen.

Makanya ia berpendapat sosok mantan kepala daerah baru akan terasa kinerjanya di DPR apabila ditempatkan di pos yang sesuai. “Seandainya Dedi Mulyadi ditempatkan di komisi keuangan kan tidak bagus,” kata Ujang.

Halaman:
Reporter: Fahmi Ramadhan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement