DPR Minta Jokowi Evaluasi Pengerahan Personel TNI-Polri di Papua

Image title
5 September 2019, 08:15
Papua, TNI-Polri, DPR.
ANTARA FOTO/Gusti Tanati
Warga melintasi bangunan dan kendaraan yang rusak, di Jayapura, Papua, Jumat (30/8/2019). Sejumlah bangunan dan kendaraan terbakar saat aksi unjuk rasa yang berakhir rusuh, di Jayapura, Kamis (29/8/2019). DPR meminta pemerintah evaluasi pengerahan personel TNI-Polri di papua.

Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI meminta Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengevaluasi pengerahan personel TNI dan Polri ke Papua.  Hal ini lantaran hadirnya aparat secara berlebihan menandakan ketidakpercayaan pemerintah terhadap masyarakat di provinsi tersebut.

Anggota Komisi III DPR RI Nasir Djamil mengatakan masyarakat Papua kerap menjadi korban akibat operasi militer yang selama ini dilakukan. Dia mengkhawatirkan kehadiran aparat melunturkan kesetiaan masyarakat Papua kepada  Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Advertisement

"Beri kepercayaan kepada Papua. Pendekatan keamanan dengan tentara harus dievaluasi,” kata Nasir di Jakarta, Rabu (4/9).

(Baca: Wiranto Janji Tarik Pasukan TNI - Polri dari Papua)

Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) tersebut menyarankan pemerintah melakukan pendekatan kultural. Menurutnya, pendekatan seperti itu lebih efektif ketimbang mengirimkan militer.

Halaman:
Reporter: Fahmi Ramadhan, Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement