Investor Asing Enggan Masuk, Jokowi Perintahkan Para Menteri Berbenah

Dimas Jarot Bayu
4 September 2019, 17:36
Jokowi, Investasi, Izin.
(Katadata/Donang Wahyu)
Presiden Jokowi saat wawancara khusus dengan Katadata.co.id, di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (27/5). Jokowi memerintahkan menteri layani investor secara maksimal. Ini karena masih ada investasi yang terhambat perizinan.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan jajarannya untuk melayani investor yang masuk Indonesia secara maksimal. Ini lantaran menurutnya banyak perusahaan asing enggan menanamkan modalnya di Indonesia, salah satunya karena izin yang lambat.

Jokowi memberi contoh masalah terjadi ketika China Petroleum Corporation (CPC) Taiwan ingin mengembangkan pabrik petrokimia bersama Pertamina.

Jokowi mengatakan, mereka menemukan adanya kendala dalam pembebasan lahan pabrik petrokimia tersebut. Padahal rencana investasi mereka di Indonesia cukup besar. Bukan hanya itu, Jokowi juga menyinggung Saudi Aramco yang belum mau berinvestasi di RI.

(Baca: Cerita Luhut Soal Kegalauan Jokowi Tak Ada Kilang Baru)

“Akan kami cek satu-satu, sehingga mereka betul-betul merasa dilayani,” kata Jokowi. “Kita ini jangan seperti pejabat minta dilayani,” kata Jokowi saat membuka rapat terbatas di Kantor Presiden, Jakarta, Rabu (4/9). .

Jokowi beralasan masuknya modal asing perlu dikebut untuk mengantisipasi ancaman resesi dan perlambatan ekonomi global. Menurut Jokowi, ancaman ini sudah terlihat dari adanya depresiasi mata uang di beberapa negara lain, seperti yuan Tiongkok dan peso Argentina.

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...