Wiranto dan Moeldoko Tuding Benny Wenda Aktor Rusuh di Papua

Ameidyo Daud Nasution
Oleh Ameidyo Daud Nasution - Fahmi Ramadhan
2 September 2019, 16:37
Wiranto, Rusuh Papua, Benny Wenda.
ANTARA FOTO/Olha Mulalinda
Menkopolhukam, Wiranto (kedua kanan) mengatakan Ketua Gerakan Pembebasan Bersatu untuk Papua Barat Benny Wenda terlibat dalam rusuh di Papua dan Papua Barat.

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto menuding Ketua Persatuan Gerakan Pembebasan untuk Papua Barat (ULMWP) Benny Wenda berada di balik rusuh di Papua dan Papua Barat baru-baru ini.

Wiranto menyatakan Benny Wenda kerap bepergian ke beberapa negara untuk memberikan informasi yang dianggap palsu soal Papua. Sehingga menimbulkan persepsi internasional bahwa Indonesia menelantarkan Papua.

“Saya kira benar bahwa Benny Wenda bagian dari konspirasi masalah ini. Tapi kami harus lawan dengan kebenaran,” kata Wiranto saat memberikan keterangan resmi kepada awak media di kantornya, Jakarta, Senin (2/9).

(Baca: Polda Papua Tetapkan 30 Tersangka Kerusuhan di Jayapura)

Mantan Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI) ini mengatakan cara menepisnya dengan meyakinkan dunia internasional bahwa pemerintah benar-benar membangun Papua dan Papua Barat. Bahkan menurutnya, pemerintah telah menghabiskan anggaran Rp 92 triliun untuk membangun wilayah tersebut.

“Mana mungkin kami menelantarkan (Papua),” ujarnya.

Keterangan Wiranto ini tak berbeda dengan pernyataan Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko yang menyebut Benny kerap bepergian untuk menyebarkan kabar bohong. "Jelas Benny Wenda. Dia mobilisasi diplomasi (dan) informasi yang tidak benar,” kata Moeldoko kepada wartawan.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...