Menko Puan Tolak Bantuan Ping An untuk Benahi BPJS Kesehatan

Agatha Olivia Victoria
29 Agustus 2019, 17:18
BPJS Kesehatan, Puan Maharani, Luhut Binsar Pandjaitan, Ping An Insurance,
Suasana pelayanan BPJS Kesehatan di kawasan Matraman, Jakarta Timur (28/8). Menko PMK Puan Maharani menolak bantuan pihak lain dalam membenahi defisit keuangan BPJS Kesehatan,

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani menolak bantuan dari luar guna membenahi kondisi Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. Pernyataan ini merespons Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan yang menyebut perusahaan Tiongkok, Ping An Insurance, siap membantu BPJS Kesehatan berbenah.

Puan mengatakan, pemerintah tak menutup kemungkinan adanya usul kerja sama dan saran dari pihak lain. Namun, hal yang terpenting dilakukan saat ini adalah menyelesaikan permasalahan internal BPJS Kesehatan terlebih dahulu.

"Boleh saja kalau ada usulan, tapi sampai kini tidak akan kami lakukan," ujar Puan di Gedung Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, Jakarta, Kamis (29/8).

(Baca: Luhut Serahkan Kerja Sama BPJS dan Asuransi Tiongkok ke Menteri Puan)

Puan juga membantah adanya kerja sama dengan pihak manapun untuk menyelesaikan masalah defisit keuangan BPJS Kesehatan. Menurutnya, hingga saat ini pemerintah masih mampu mengatasi masalah pada penyelenggara jaminan sosial tersebut.

“Kami (pemerintah) akan fokus mengurus BPJS di Indonesia," katanya

Halaman:
Reporter: Agatha Olivia Victoria
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...