Jokowi Harap Banyak Maskapai Asing Mendarat di Bandara Kulon Progo

Dimas Jarot Bayu
29 Agustus 2019, 15:21
Bandara Kulon Progo, Jokowi, Maskapai.
ANTARA FOTO/M N Kanwa
Ilustrasi pesawat di hanggar. Presiden Joko Widodo berharap adanya Bandara Kulon Progo meningkatkan maskapai asing yang mendarat di Yogyakarta.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) berharap maskapai luar negeri dapat memanfaatkan slot tambahan penerbangan di Bandara Internasional Yogyakarta, Kabupaten Kulonprogo, Yogyakarta. Terlebih, keberadaan bandara baru membuat kapasitas penumpang bandara di Yogyakarta meningkat drastis.

Dengan banyaknya maskapai luar negeri yang nantinya mendarat ke Bandara Internasional Yogyakarta, Jokowi berharap  jumlah turis asing ke Indonesia juga semakin meningkat. Hal tersebut dapat meningkatkan devisa bagi Indonesia.

“Ya nanti kami harapkan kalau sudah datang yang direct flight dari penerbangan-penerbangan luar negeri, baru kami berhitung,” kata Jokowi ketika meninjau Bandara Internasional Yogyakarta,  Kabupaten Kulon Progo, Kamis (29/8).

(Baca: Jokowi Klaim Pembangunan Bandara Kulonprogo yang Tercepat di Dunia)

Jokowi menjelaskan, bandara yang kerap disebut Bandara Kulon Progo itu dapat menampung 20 juta orang setiap tahunnya. Sementara, Bandara Adisutjipto hanya dapat menampung 1,8 juta orang per tahun.

“Lompatannya berapa kali dari 1,8 juta menjadi 20 juta? Jadi bayangkan,” katanya.

Hingga saat ini, perkembangan pembangunan Bandara Kulon Progo mencapai 74%. Menurut Kepala Negara, pembangunan bandara tersebut direncanakan selesai pada Desember mendatang. Bandara bakal terkoneksi juga dengan kereta yang pembangunannya rampung Maret 2020.

Halaman:
Reporter: Dimas Jarot Bayu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...