Meski Ibu Kota Pindah, Kadin Minta Pemerintah Tetap Benahi Jakarta

Rizky Alika
27 Agustus 2019, 09:04
DKI Jakarta, Pindah Ibu Kota, Kadin.
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
Gedung bertingkat di DKI Jakarta. Kadin meminta Jakarta tetap dibenahi meski ibu kota pindah ke Kalimantan Timur.

 Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia berharap DKI Jakarta tetap diperbaiki meskipun pemerintah memindahkan ibu kota ke Kalimantan Timur. Terlebih lagi, Jakarta tetap menjadi pusat bisnis dan perekonomian Indonesia.

Wakil Ketua Kadin Raden Pardede menilai, perbaikan Jakarta mendesak dan meliputi kondisi lingkungan, transportasi, hingga sistem drainase. Selain itu, pemakaian air tanah, pembuangan limbah, dan lainnya juga perlu dibenahi. "Jakarta dan sekitarnya harus diperbaiki," kata dia kepada Katadata.co.id, Selasa (27/8).

(Baca: Ibu Kota Negara Pindah ke Kaltim, Bagaimana Nasib Pembangunan Jakarta?)

Selain memperketat aturan, Raden juga meminta sistem informasi digital di Jakarta harus disetarakan dengan ibu kota baru. Dengan demikian, Jakarta tetap terhubung dengan pusat pemerintahan baru.  "Jadi jangan sampai biaya mahal kalau semua urusan harus ke ibu kota nanti," ujarnya.

Terkait pemindahan ibu kota, Raden berharap prosesnya dapat direncanakan secara matang. Hal ini diperlukan agar ibu kota baru dapat menjadi kebanggaan generasi mendatang. “Sekali pindah dan bangun, jangan tanggung-tanggung," kata dia.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...