Perang Dagang AS-Tiongkok Berlanjut, Harga Minyak Anjlok Hampir 2%

Image title
26 Agustus 2019, 09:39
Harga Minyak, Minyak, Perang Dagang.
Katadata
Ilustrasi kilang minyak. Harga minyak dunia anjlok hampir 2% pada perdagangan hari Senin (26/8), seiring meningkatnya ketegangan ekonomi AS-Tiongkok

Harga minyak anjlok hampir 2% pada perdagangan hari ini (26/8). Hal itu terjadi karena ketegangan ekonomi Amerika Serikat (AS) dan Tiongkok meningkat, sehingga memukul kepercayaan pasar terhadap ekonomi global.

Bahkan harga minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) terseret turun ke titik rendah sejak dua pekan terakhir. Dilansir dari Reuters, harga minyak berjangka jenis Brent turun 1,5% menjadi US$ 58,45 per barel. Sedangkan minyak mentah WTI jatuh 1,8% ke angka US$ 53,17 per barel atau terendah sejak 9 Agustus lalu.

Advertisement

Managing Partner Valor Markets Stephen Innes mengatakan, penurunan ini disebabkan oleh ketakutan pasar atas melambatnya pertumbuhan ekonomi global. Salah satu faktornya adalah perang dagang Tiongkok dan AS dalam beberapa pekan belakangan.

“Sebagian besar karena kekhawatiran tentang melambatnya ekonomi global, bahkan berpotensi resesi AS," kata Innes dikutip dari Reuters, Senin (26/8).

(Baca: Perang Dagang Berlanjut, AS Balas Rencana Kenaikan Tarif Tiongkok)

Pada akhir pekan lalu, Kementerian Perdagangan Tiongkok mengatakan akan memberlakukan tarif tambahan 5% atau 10% pada total 5.078 produk asal AS. Beberapa di antaranya mencakup minyak mentah, produk pertanian seperti kedelai, dan pesawat kecil.

Halaman:
Reporter: Verda Nano Setiawan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement